Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 10 Juni 2009

PELAYANAN PERPUSTAKAN PENUH ASA

PELAYANAN PERPUSTAKAN PENUH ASA

Keberadaan lembaga perpustakaan selama ini lebih terinci pada pelayanan bahan pustaka. Masyarakat sekitar mengenal perpustakaan dan memanfaatkan buku-buku yang tersedia dengan membacanya. Mungkin hanya sampai disitu saja peran dan fungsinya.
Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat, perpustakaan dituntut untuk memberikan berbagai layanan yang berkaitan dengan pertukaran informasi dan pengetahuan. Bahkan tidak hanya lewat media cetak, masyarakat juga mengharapkan adanya saluran informasi dan pengetahuan berbentuk digital yang dianggap lebih ringkas namun padat isi.
Tuntutan tersebut bukanlah sesuatu yang mengada-ada. Atau sebuah harapan utopis. Namun menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan mutu kehidupan melalui peningkatan pengetahuan dan khasanah pikir.
Pemerintah Kabupaten Semarang didukung DPRD cepat tanggap mengantisipasi fenomena perkembangan yang terjadi dimasyarakat tersebut. Buktinya, Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 24/2004 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan segera diberlakukan secara definitif.
Beberapa peningkatan peran dan fungsi seperti penambahan jam layanan, pelayanan audio visual, wisata buku dan pelayanan lain yang mencerdaskan masyarakat adalah wujud nyata sikap tanggap itu. Total terdapat delapan tambahan layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dari yang semula lima jenis menjadi tiga belas.
Kita berharap, masyarakat akan menyambut perubahan ini dengan antusias. Jangan sampai pelayanan perpustakaan yang telah diperpanjang dari Senin-Sabtu pukul 07.30 WIB-20.00 WIB tidak diketahui khalayak ramai. Atau penambahan jenis layanan juga tidak dimanfaatkan secara optimal. Paling tidak, harapan dari anggota Panitia khusus pembahasan raperda perpustakaan itu dapat terpenuhi. Yakni menjadikan mutu pelayanan perpustakaan daerah lebih baik dan lebih baik lagi. Jika demikian, pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan akan menciptakan sepenuh asa mulia. Mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa.(*/ed)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar