Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 24 Oktober 2012

PERPUSTAKAAN MENDUKUNG KABUPATEN SEMARANG LAYAK ANAK


Tajuk Rencana
PERPUSTAKAAN MENDUKUNG KABUPATEN SEMARANG LAYAK ANAK  


                Beberapa indikator suatu Kabupaten Layan Anak (KLA) yang sudah diwujudkan oleh Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang diantaranya adalah adanya Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 20 Tahun 2004 yang diubah menjadi Perda Kabupaten  Semarang nomor 4 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perpustakaan Daerah. Dalam Perda tersebut dituangkan adanya Kewajiban Perpustakaan Daerah menyelenggarakan layanan story telling, wisata buku dan pemutaran film anak, serta larangan merokok di ruang Perpustakaan Daerah.
Hal ini sejalan dengan upaya yang dilakukan suatu KLA.Kebijakan yang telah ditetapkan dalam PERDA tersebut, telah dilaksanakan secara rutin oleh perpustakaan, terlebih dalam pelaksanaannya juga didukung dengan anggaran yang ada, baik dari Pemerintah, BUMD maupun dari dunia usaha lainnya. Dukungan anggaran untuk pemenuhan hak anak melalui penyelenggaraan perpustakaan, yang juga merupakan salah satu indicator KLA,  antara lain dipergunakan untuk pengadaan buku bacaan anak, CD/DVD anak, Alat Permainan Edukatif, internet gratis, layanan story telling, wisata buku, pemutaran film anak, workshop dan pelatihan-pelatihan  untuk anak. Layanan perpustakaan tidak hanya digelar di dalam gedung perpustakaan saja.
Dengan memanfaatkan fasilitas kendaraan perpustakaan keliling dan motor pintar yang juga dilengkapi fasilitas layanan untuk anak, perpustakaan juga menggelar berbagai layanan untuk anak ke berbagai pelosok wilayah Kabupaten Semarang. Pemberian stimulant bagi penyelenggaraan perpustakaan desa, yang didalamnya juga dilengkapi fasilitas layanan untuk anakpun juga terus menerus dilakukan perpustakaan, agar semakin banyak anak-anak Kabupaten Semarang yang dapat memanfaatkan fasilitas layanan sebuah perpustakaan. 
Adanya ajang kreatifitas untuk anak yang juga merupakan salah satu indikator KLA, juga senantiasa digelar oleh perpustakaan. Bersamaan dengan pelaksanaan pameran buku, perpustakaan senantiasa menyelenggarakan berbagai macam ajang kreatifitas untuk anak seperti lomba mewarnai, menggambar, baca puisi, geguritan, penulisan artikel, resensi, karaoke, fashion show, band, majalah dinding, pildacil. Semuanya itu merupakan bukti keseriusan perpustakaan dalam mendukung Kabupaten Semarang Layak Anak.(Zul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar