Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 02 Februari 2011

Kegiatan Pembentukan Forum Komunikasi SLIMs Kabupaten Semarang & Belajar Bersama Aplikasi program Perpustakaan SLIMs


Kegiatan Pembentukan Forum Komunikasi SLIMs Kabupaten Semarang
&
Belajar Bersama Aplikasi program Perpustakaan SLIMs




Berkembangnya Teknologi Informasi dewasa ini mau tidak mau harus diikuti pula oleh dunia perpustakaan. Sudah seharusnya perpustakaan mulai ikut memanfaatkan teknologi yang ada demi pelayanan yang lebih baik kepada para pemustaka.
Penggunaan teknologi dimaksudkan untuk efisiensi dan efektifnya fungsi perpustakaan itu sendiri. Sementra itu berbagai software yang tersedia relative mahal dan memberatkan bagi perpustakaan, seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa anggaran perpustakaan dari dulu sampai sekarang belum cukup menggembirakan. Beragam program perpustakaan yang sudah beredar, tentunya banyak pula biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki program tersebut.
Salah satu software tanpa bayar (open source software) dan cukup kapabel di dunia perpustakaan adalah SLiMS, atau yang dikenal dengan Senayan Library Information System. Program gratisan ini dapat dengan mudah di unduh di internet, dan bisa dikembangkan sendiri.
Untuk itu Perpustakaaan Daerah Kab. Semarang merasa perlu untuk berbuat sesuatu untuk sedikit memberikan solusi alternatif. Yaitu dengan pembentukan forum Komunikasi SLiMS ini. Forum komunikasi yang akan dibentuk ini bertujuan untuk saling belajar bersama, memecahkan kesulitan bersama, sharing tentang program SLiMS, pengembangan program SLiMS serta pembentukan jaringan pemakai program SLiMS.
Melanjutkan dari Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Desa/Sekolah yang diselenggarakan pada bulan April 2011, yang salah satu materinya adalah ”Automasi Perpustakaan”, dengan materi yang diberikan pada saat itu adalah ”Pengenalan Aplikasi Perpustakaan ’SLIMs’. Ketertarikan para peserta Bintek pada saat itu, dijawab dengan perencanaan kegiatan ini. Persiapan kegiatan dengan menghubungi kembali peserta Bintek melalui SMS.
Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 20 Mei 2011 mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB di Ruang Serbaguna Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa, Jl. Mgr. Sogiyopranoto 13 Ambarawa.dengan peserta diikuti 13 peserta, yang berasal dari pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa seKabupaten Semarang. Sementara itu pemandu kegiatan Belajar Bersama Aplikasi Program Perpustakaan SLIMs adalah Bapak Asih Winarto, A.Md. dari Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang
Kegiatan yang diselenggarakan, antara lain :
1.      Pembentukan Forum Komunikasi SLIMs
-        Para peserta yang hadir bersepakat untuk bersama-sama membentuk forum komunikasi Slims, dengan tujuan :
a.       Saling bertukar pengalaman dalam penggunaan program ini
b.      Saling membantu apabila ditemui kesulitan/permasalahan saat menggunakan Slims
c.       ”Belajar Bersama pgrogram Slims”
d.      Membentuk Jaringan Perpustakaan Kabupaten Perpustakaan
-        Pembentukan Pengurus sementara Forum Komunikasi Slims
Ketua              :           Bambang Murdianto (Kantor Perpusda Kab. Semarang)
Bendahara       :           Fransica ( SDN Kemawi Sumowono)
Sekretaris        :           Iswanti (SDN Asinan 01 Bawen)
Anggota          : Semua yang hadir.
Dengan sekretariat Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa, Jl. Mgr. Sugiyopranoto Ambarawa, nomor telepon 0298-593931
-        Keanggotaan bersifat terbuka bagi siapa saja dan tanpa biaya sama sekali.
2.      Belajar Bersama SLIMS :
a.       Up to date Slims ke versi terbaru : SLIMs St. 14
b.      Aktivasi Program
c.       Login
d.      Ubah Tampilan
e.       Edit Informasi Perpustakaan
f.       Entri Buku Baru
g.      Cetak Label
h.      Pelaporan
Peserta Slims Kab Semarang Berfoto bersama
      Diakhir kegiatan, disepakati bersama untuk selalu berkomunikasi melalui forum SLIMs ini, dan para peserta mengharapkan untuk pertemuan selanjutnya diadakan sebulan sekali. Sementara itu, diharapkan agar peserta menginformasikan forum ini kepada rekan yang lain yang belum bisa ikut untuk bersama-sama menghadiri pertemuan forum SLIMs berikutnya. Sampai Ketemu pada Pertemuan Forum SLIMs Selanjutnya. Majulah Perpustakaan…!
(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar