Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 02 Februari 2011

Pembentukan Ikatan Pustakawan Desa Kabupaten Semarang


Pembentukan Ikatan Pustakawan Desa
Kabupaten Semarang

Atas prakarsa peserta Bintek Pengelola Perpustakaan Desa Tahun 2011, setelah berkunjung ke Perpustakaan Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Seperti mendapatkan inspirasi, Para Peserta yang dikomandoi Bapak Sriyoso, pengelola Perpustakaan Marsudihati Desa Wirogomo Kec. Banyubiru bersepakat untuk membentuk satu ikatan sesama para pengelola perpustakaan desa.
Bertempat di Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa, hari Sabtu tanggal 29 April sekitar 30 orang pengelola Perpustakaan saling menguatkan untuk bersama sama membentuk IKATAN PUSTAKAWAN DESA. Mengadopsi secara positif apa yang didapat saat kunjungan ke Bantul. Dengan tujuan antaralain:
-     Silaturahmi antar pengelola perpustakaan
-     Sharing permasalahan dan solusi pengelolaan perpustakaan
-     Bekerjasama membentuk jaringan Pengelola perpustakaan
-     Berusaha mengadakan Kegiatan positif yang menunjang keberadaan perpustakaan desa
Visi yang dicita citakan IPD yaitu mewujudkan minat baca masyarakat sejak dini. Sedangkan misi yang telah disepakati bersama yaitu:
-     Menumbuhkembangkan minat baca masyarakat desa
-     Mewujudkan masyarakat cerdas, berwawasan luas, amanah, maju dan sejahtera
-     Mendorong masyarakat untuk membaca yang merupakan kebutuhan dan menjadi budaya
Dalam pertemuan ini, didampingi pula Bapak Drs. Tri Wijayanto dari Kantor Perpustakaan Daerah kabupaten Semarang. Dalam sambutannya memberikan pesan mengenai perlunya penguatan kelembagaan perpustakaan. “Mohon nanti disampaikan ke desa, berdasarkan surat Edaran Mendagri DAUD dapat dianggarkan untuk pengembanngan perpustakaan desa,” jelas Bapak Tri Wijayanto.
Dalam acara ini juga dipilih pula pengurus IPD Kabupaten Semarang untuk Periode 2011-2012 ysb:
Pelindung            : Kepala Kantor Perpusda Kab. Semarang
Ketua                    : Sriyoso dari Perpustakaan Desa Marsudihati Wirogomo Banyubiru
Wakil                     : Triyono Perpustakaan Desa Gunung Tumpeng Suruh
Sekretaris            : Daryati dari Perpustakaan Desa Mukiran Kaliwungu      
Bendahara          : Yatik Tri Wilujeng dari perpustakaan desa Nyamat Tengaran
Humas                  : Taufik dari Perpustakaan Desa Pagersari Bergas
                                  Dwi Lestiyono  dari perpustakaan desa Kalikurmo Bringin
Keanggotaan bersifat terbuka dan mandiri, berdasarkan kesepakatan untuk pertemuan selanjutnya direncanakan pada 2 Juli 2011 di Perpustakaan Desa Nyamat Tengaran. (Berita ini sekaligus undangan) pada pertemuan nanti, akan langsung diadakan workshop bersama dengan para anggota IPD di Perpustakaan Desa Nyamat Tengaran. Mulai dari Pengolahan, Layanan, Administrasi sampai bagaimana berpromosi akan di bahas dan saling berbagi pengalaman di pertemuan IPD yang ke-2.
Selain workshop juga Praktek langsung, dengan tujuan juga membantu Perpustakaan Desa Kalinyamat untuk mengelola perpustakaan. IPD memiliki filosofi gotongroyong, sehingga bila nanti dikerjakan bersama sama tentunya hal-hal yang berat yang ditemui pada saat pengelolaan perpustakaan akan dapat teratasi.
Untuk informasi dan mendaftar menjadi anggota bias menghubungi Bapak Sriyoso 081915519727 atau dengan Taufik dengan nomor hp 085641311386. Salam perpustakaan dan majulah Perpustakaan Indonesia. (BM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar