Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 02 Februari 2011

“Membangun Budaya Membaca dalam Keluarga” : osialisasi Perpustakaan pada TP PKK RW IX Kelurahan Gedanganak Kec Ungaran Timur


“Membangun Budaya Membaca dalam Keluarga”
Sosialisasi Perpustakaan pada TP PKK RW IX Kelurahan Gedanganak Kec Ungaran Timur

 
Acara yang diselenggarakan pada Rabu, 8 Juni 2011 di Balai RW IX Kelurahan Gedanganak ini melibatkan para peserta dari ibu-ibu PKK dan anak-anak. Ketika para ibu sedang mendengarkan ceramah dari Kantor Perpusda, Ibu Retno Rukmiati, anak-anak membaca bersama serta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh Ibu Zulaekah dari Perpusda.
Antusias membaca yang diperlihatkan anak-anak, sangat menggembirakan, mereka tampak asyik menikmati buku-buku menarik penuh gambar. Sesekali bertanya pula kepada para ibu yang membacakan cerita.
Di Kelurahan Gedanganak, RW IX tepatnya di Perumahan Gedangasri Baru, sesungguhnya sudah memiliki embrio perpustakaan. Dengan nama Perpustakaan Al Muttaqin, masih menempati balai pertemuan RW dan menjadi satu dengan ruang pertemuan warga.
Menurut Ibu Joko (dari Ibu PKK), “selama ini perpustakaan kami hanya dimanfaatkan jika ada even terterntu saja, misalnya ada posyandu, pertemuan rutin warga dan kegiatan lain. Perpustakaan, juga belum melayani peminjaman, jadi baru layanan baca ditempat.”
Merespon niat warga, untuk itu Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang segera memberikan ceramah mengenai Pentingnya Perpustakaan bagi keluarga. Dengan Topik “Peran TP. PKK Dalam Membangun Budaya Baca Pada Keluarga”, para Ibu-Ibu tersebut diberikan wawasan baru mengenai pentingnya membaca bagi anak-anak.
Mengapa Minat Baca Rendah?, salah satunya ditengarai bahwa banyak keluarga di Indonesia belum membudayakan membaca bagi anak – anak mereka. Minat Baca rendah tersebut membuktikan bagaimana rendahnya kualitas pendidikan, hasil dari pendidikan yang tidak berkualitas tersebut menghasilkan kualitas SDM yang rendah pula dan menjadikan daya saing bangsa kita sangat lemah. Sungguh satu hal yang memprihatinkan. Apakah kita diam saja ibu-ibu? Urai Ibu Retno.
Sementara para ibu-Ibu mengikuti kegiatan di dalam ruang Balai Pertemuan PKK, anak-anak dengan sukacita “melahap” buku yang di sebarkan dilantai dan banyak pula yang asik memilih-milih buku di mobil perpustakaan keliling yang diparkir didepan Balai Pertemuan RW.
Akhirnya, semua ibu sepakat untuk mengaktifkan perpustakaan Al Muttaqin ini, apalagi setelah mendapat tawaran untuk mendapatkan fasilitas peminjaman atas nama perpustakaan Al Muttaqin ke Kantor Perpustakaan daerah Kabupaten Semarang sebanyak 30 eksemplar buku setiap bulan sekali.
Kami tunggu peran para Ibu PKK di Kabupaten Semarang, Majulah Perpustakaan Indonesia! (BM)
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nb: Kantor Perpustakaan Daerah siap mengadakan penyuluhan minat baca pada saat pertemuan PKK. Hub. Bagian Pengembangan telp. 024-6921128.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar