Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Jumat, 18 Maret 2011

Perpustakaan Juga Pahlawan tanpa Tanda Jasa…..


Perpustakaan Juga Pahlawan tanpa Tanda Jasa…..
*/Tatik Ariyani

Juara Harapan III Penulisan Artikel Tk, SMA / K / MA Tk. Kab Semarang
yang diselenggarakan dalam rangka Ungaran Bookfair 2010

Ternyata tak hanya guru yang berhak untuk menyandang gelar “pahlawan tanpa tanda jasa” , ternyata perpustakaan pun juga layak menyandang gelar itu. Kehadiran perpustakaan di tengah-tengah masyarakat  sangat berguna. Berbagai macam buku dari berbagai bidang kehidupan, dari berbagai generasi, dari berbagai penulis dapat dijadikan pembelajaran maupun acuan bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Masyarakat dapat mencari referensi dari buku yang terdapat diperpustakaan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari.
Tujuan perpustakaan guna meningkatkan minat baca masyarakat dilakukan secara sukarela. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan perpustakaan dapat dinikmati masyarakat secara gratis. Hanya satu yang diharapkan perpustakaan pada masyarakat yakni mencerdaskan masyarakat untuk mencapai Indonesia yang lebih maju dan baik di tingkat dunia. Sebenarnya itu tak terlalu muluk, bukan ? Setiap satu buku yang dibaca satu orang, akan menghasilkan satu pemikiran dan pengetahuan baru. Coba seseorang itu dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan. Coba banyak lagi orang yang melakukan hal yang sama dan saling bertukar pikiran unttuk mencoba sesuatu yang baru yang tentunya berguna, maka tak akan menjadi khayalan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negeri yang maju.
Kemajuan teknologi di era globalisasi, dimanfaatkan pula oleh perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas bagi pengunjungnya. Dengan adanya komputer, segala bentuk administrasi perpustakaan tersusun dengan praktis dan rapi. Selain itu, memudahkan pengunjung dalam mencari buku yang mereka inginkan, mereka hanya perlu mengetik judul buku atau pengarangnya, dalam sekejap mata letak bukupun langsung dapat diketahui keberadaannya. Selanjutnya, pengunjung tinggal mencarinya dirak-rak sesuai bibang yang tersedia. Bahkan sekarang setiap perpustakaan layanan internet dan hotspot GRATIS untuk melengkapi infirmasi yang tidak tercantum dalam buku. Semua fasilitas itu dapat dinnikmati tentunya dengan pemakaian yang benar dan bertanggung jawab.
Dari hari kehari, koleksi buku di perpustakaan yang dananya berasal dari pemerintah pusat maupun daerah, semakin lengkap dan baru. Dari mulai buku bidang ekonomi, bahasa, social, politik agama, dan banyak lagi bidang lainnya sampai novel-novel yang disediakan guna sarana hiburan. Selain buku, juga ada Koran-koran, majalah.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap minat baca masyarakat, perpustakaan pun mulai menunjukkan kiprahnya di desa-desa. Masyarakat pedesaan yang notabene memiliki minat baca yang rendah atau malahan tidak bisa membaca sama sekali, dengan adanya perpustakaan desa dapat merubah persepsi mereka akan pentingnya membaca dan perpustakaan dengan jalan member penyuluhan pada mereka. Membaca dan belajar itu sangat penting guna mengejar ketertinggalan yang disebabkan butanya mereka akan membeca. Tak hanya perpustakaan desa, perpustakaan kelilingpun juga disediakan bagi daerah yang belum memungkinkan untuk didirikan sebuah perpustakaan. Semua itu dilakukan untuk kebaikan masyarakat juga. Seringkali perpustakaan mengadakan pameran buku yang dibantu dari beberapa penerbit. Comntohnya dalam pameran buku “ Bookfair “ ini. Banyak diskon ynag disediakan untuk buku-buku tertentu, sehingga sealain bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, acara ini pun membantu masyarakat dalam memperoleh buku dengan harga diskon dan murah.
Begitu berartinya peran perpustakaan bagi masyarakat, semakin masyarakat menempatkan perpustakaan sebagai sesuatu yang sangat berjasa bagi hidup mereka. Masyarakat hanya berharap jasa perpustakaan takkan pernah pudar seiring perkembangan zaman. Dan perpustakaan juga semakin meningkatkan pelayanan dengan lebih baik. Karena sampai kapanpun perpustakaan akan selalu dibutuhkan. Semua sejarah tentang seluk beluk kehidupan dunia tersimpan rapi  diperpustakaan yang nantinya akan dijadikan bahan ajar bagi kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang.
*\ siswa SMA N 1 Ungaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar