Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 10 September 2009

Perpustakaan CENTINI PUNYA GAWE…..

CENTINI PUNYA GAWE…..

Pringsari, tanggal 9 Agustus 2009 tepatnya di balai desa Desa Pringsari Kecamatan Pringapus, ada keramaian yang mengundang decak kagum. Bagaimana tidak?… Perpustakaan/ Taman Bacaan Masyarakat “Centini” mengadakan perhelatan akbar, mempromosikan keberadaan Perpustakaan/Taman Bacaan Masyarakat “Centini” kepada masyarakat luas dengan kegiatan besar. Perpustakaan desa yang baru 1 tahun berdiri ini telah mampu menunjukkan tajinya untuk ikut memasyarakatkan budaya baca. Tentunya komitmen yang kuat dari Kepala desa dan perangkat, serta tokoh masyarakat desa Pringsari menjadikan Perpustakaan/ Taman Bacaan Masyarakat mampu berkibar kencang dalam menggerakkan budaya masyarakat di desa Pringsari.

Bapak Kades dan  Peserta Lomba
 
“Centini” kami ambilkan dari sejarah, pada masa kerajaan, bagaimanapun kita harus menghargai sejarah, dimana sejarah kita membuktikan bahwa kita adalah bangsa yang besar, jadi kami mengharapkan dengan memakai nama “Centini” ini masyarakat kita akan mampu bangkit kembali menjadi bangsa yang besar melalui membaca, sehingga bangsa kita tidak lagi di hina bangsa lain, seperti akhir – akhir ini”, jelas Bapak Kades Pringsari.
Perpustakaan/ Taman Bacaan Masyarakat “Centini” yang berada di Desa Pringsari terletak berdekatan dengan Kantor Kepala Desa disamping Balai Desa. Keunggulan letak Centini yang strategis ini menjadikan Perpustakaan/ Taman Bacaan cepat familiar di mata masyarakat, terutama anak – anak sekolah. “Tiap harinya tak kurang dari 30 anak- anak yang berkunjung kesini.” jelas Riyanto Pengelola Perpustakaan “Centini”.

Lomba Geguritan
 
Kegiatan promosi yang dilakukan ini bertujuan mendekatkan Perpustakaan/ Taman Bacaan Masyarakat “Centini” kepada masyarakat. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan pun nguri – uri kebudayaan lokal, lomba – lombanya pun masih berkaitan dengan adiluhung budaya Indonesia, seperti  Lomba Geguritan, Baca Puisi, lomba mewarnai serta lomba melukis.

Peran serta masyarakat dalam membantu kegiatan ini sangat besar, bahkan perusahaan disekitar Desa Pringsari banyak yang menjadi donatur, baik berupa uang maupun barang, sebagai gambaran di Desa Pringsari yang terletak di Kecamatan Pringapus banyak berada perusahaan besar.


Lomba Melukis
 
Kegiatan promosi perpustakaan yang dilangsungkan bersamaan dengan “Merti Dusun Pringsari” diakhiri dengan kegiatan Pagelaran Wayang Kulit. Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada saat pagelaran Wayang kulit, penyerahan hadiah ini diberikan oleh Bapak Camat Pringapus, Kapospol Pringapus dan Kepala Desa Pringsari.

Kegiatan seperti ini, direncanakan akan diselenggarakan setiap tahun, dan menjadi agenda yang rutin, sehingga tujuan agar masyarakat lebih akrab dengan perpustakaan dan buku akhirnya tercapai. (*\Bambang)

1 komentar:

  1. apik lan tujuane apik cah sekolah gelem maca buku ora mung GAME wae?

    BalasHapus