Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Minggu, 04 November 2012

GEMAR MEMBACA DAN MENULIS LEWAT FACEBOOK, BISA!


Oleh : Budiyanti
Facebook lagi... facebook lagi, kapan kamu belajarnya?”
Begitulah ungkapan sebagian besar orang tua jika melihat anaknya berfacebookan lewat HP atau laptop.
Memang akhir-akhir ini sebagian besar remaja menggunakan facebook. Hal itu bukan hal baru bagi mereka. Di setiap kesempatan para remaja sudah kecanduan bermain facebook sampai lupa waktu. Mereka berjam-jam didepan komputer tanpa mengenal lelah. Kadang uang jajan dipakai hanya untuk berjam-jam di warnet. Bisa jadi mereka lupa belajar dan ujung-ujungnya nilainya jelek lalu tidak naik kelas. Namun, sejauh inikah dampak facebook?
Para remaja cenderung menggunakan facebook hanya untuk meluapkan emosi dengan memperbarui stastus berupa umpatan, keluhan misalnya, yang pernah saya baca, ah lapar nih.. !ataugalau nih...pusing!! , booooosan. Atau kalimat-kalimat yang kurang bermanfaat, lain misalnya, makan dulu ah ah... atau.. tidur dulu ah. Dari tulisan-tulisan seperti itu, apakah berdampak positif bagi teman-temannya. Tidak. Teman-temannya ya... paling memberi komentar dengan sekenanya.. misalnya, dengan kata Ah masabodoh atau kenapa.. oh gitu, seterusnya. Jadi tak heran jika orangtua merasa khawatir terhadap anaknya  berfacebookan.
Dari kenyataan tersebut, penulis tergerak hati mengajak kawula muda untuk menggunakan facebook dengan positif. Banyak cara yang ditempuh agar kita dapat memanfaatkan facebook sebaik mungkin. Pertama, perbaruhi statusmu dengan menulis, menulis apa saja. Awalnya, kamu menulis apa saja yang kaurasakan saat itu. Usahakan tulisanmu terdiri dari beberapa kalimat, jangan berupa kata. Misalnya, kamu dapat ulangan jelek. Kamu tulis, Hari ini ulanganku jelek , tapi ini sebagai pelajaran bagiku untuk belajar lebih giat lagi. Atau saat kamu gembira tulis saja, beberapa kalimat misalnya, Alhamdulilah nilaiku memuaskan dan trimakasih ya Allah karena doa dan perjuanganku telah kau kabulkan. Aku lulus. Selain berupa beberapa kalimat, kamu bisa menulis puisi atau pantun yang sesuai dengan perasaanmu saat itu.
Kedua, kamu bisa memperbaruhi statusmu dengan mengutip kalimat-kalimat yang dapat memotivasi orang lain. Kamu bisa membaca dulu artikel para motivator lalu kamu bagikan pada teman-temanmu. Kamu bisa mengutip pencerah dari Mario Teguh, atau motivator lain. Bisa juga kamu cari buku-buku agama yang kamu punya. Kamu kutip beberapa kalimat penting di status terbarumu. Misalnya saat kamu gagal mencapai sesuatu kamu tulis, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan atau agar doanya terkabul kamu tulis, Barang siapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitan, hendaklah dia mengatasi kesulitan orang lain.
Ketiga, kamu bisa mengupload gambar yang bagus lalu kamu beri catatan berupa kalimat yang dapat mempengaruhi orang lain agar berbuat sama dengan tema gambar tersebut. Misalnya gambar hutan, kamu bisa menuliskan kata-kata, Mari lestarikan hutan demi anak cucu kita, gambar tumpukan buku. kamu beri catatan dengan, Buku adalah jendela dunia, ayo tingkatkan prestasimu dengan selalu membaca.
Keempat, kamu cari berita-berita yang terbaru di facebook media, kamu bagikan pada teman-temanmu, seperti kemarin,  ada berita adanya penangkapan teroris dan kamu tambahi dengan kalimat” ayo brantas teroris” atau berita kekeringan dan kamu tambahi tulisan “Mari bantu mereka”Dan lain-lain yang jadi inspiratif atau berita terbaru yang dapat bermanfaat bagi orang lain, lalu kamu bagikan pada orang lain. Dengan cara seperti itu, teman-temanmu akan tertarik untuk membaca. Secara otomatis gemar membaca tercipta dengan sendirinya.  
Kelimat, kamu dapat berkarya lain berupa membuat artikel tips belajar, tips membagi waktu, atau bisa juga kamu buat catatan berupa cerpen lalu kamu bagikan pada teman-temanmu. Keeenam, kamu bisa mencari grup kepenulisan yang ada di facebook seperti grup BMGer, Kampung Wraiting Revolition, Pena Nusantara, atau grup penulisan lain. Kamu harus menjadi anggota di grup tersebut. Di ajang itu, ada berbagai even berupa audisi menulis puisi, menulis artikel atau menulis cerpen. Selain itu kamu bisa saling sharing dengan anggota grup tersebut tentang dunia kepenulisan. Jangan takut, karena sebagian besar anggota adalah penulis pemula. Yang jelas, gak rugi deh kamu ikut menjadi anggota di grup tersebut. Banyak para pelajar sudah membuktikannya. Kamu nanti bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dari sesama anggota. Selain itu jika kamu selalu mengikuti terus pada grup tersebut kamu bisa mengikuti kursus gratis online tentang cara menulis atau kamu bisa buka www.penulislepas.com atau www.jonru.net
Setelah sebagian besar kawula muda memanfaatkan facebook dengan positif, perbaruhi status dengan informasi yang bermanfaat maka orang lain atau temanmu akan terpengaruh untuk mengikuti jejakmu. Teman-temanmu akan tergerak senang membaca. Setelah itu mereka akan mengikuti kegiatan menulis.
Nah.. di sinilah dapat disimpulkan bahwa dengan facebook kita bisa meningkatkan kegemaran menulis dan membaca. Kita harus bisa menunjukkkan pada teman-temanmu atau orang tuamu bahwa facebook tidak selamanya jelek seperti anggapan orang selama ini. Kamu tunjukkan bahwa facebook bisa meningkatkan kegemaran membaca atau impianmu merintis menjadi penulis bisa terwujud. Manfaatkan facebookmu semaksimal mungkin dengan hal-hal yang positif. Dengan cara seperti ini kita yakin akan tercipta generasi muda yang berpotensi dan dapat membentuk generasi yang berwawasan luas dan dapat mewujudkan generasi berkarakter. Semoga.
Anggota perpustakaan Ambarawa, tinggal di Kaliputih, Ambarawa

1 komentar: