Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Rabu, 31 Juli 2013

PERAN PERPUSTAKAAN BAGI MASYARAKAT

Oleh : Verawati

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya arti sebuah perpustakaan.Ada sebagian orang yang menganggap bahwa perpustakaan hanyalah diperuntukkan bagi pelajar saja, namun anggapan mereka itu tidak sepenuhnya benar karena perpustakaan dibuka untuk semua kalangan masyarakat, sebab dalam perpustakaan terdapat berbagai informasi yang kita butuhkan untuk menunjang kelangsungan hidup dan menambah ketrampilan, serta wawasan untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada zaman globalisasi seperti sekararang ini pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting, karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa, dan salah satu cara memperoleh pendidikan adalah melalui perpustakaan. Dengan demikian perpustakaan merupakan salah satu pilar penentu kemajuan dan kemakmuran bangsa, karena perpustakaan adalah guru dari semua bidang ilmu, pelatih dari semua ketrampilan, sebagai penyemangat dan pemberi nasehat serta penyedia informasi yang mendidik. Kenapa demikian....?


Ya perpustakaan memang guru dari semua bidang ilmu pengetahuan...karena buku-buku dari semua bidang ilmu pengetahuan ada disana, dari IPA, IPS, Bahasa, Matematika, Sejarah, Seni, Agama dan juga pengembangan-pengembangan dari ilmu pengetahuan tersebut ada di sana. Perpustakaan sebagai pelatih dari semua ketrampilan, tentu saja benar, karena di dalam perpustakaan tidak hanya menyediakan buku-buku yang berisi tentang teori-teori saja namun juga banyak buku-buku panduan dan cara-cara untuk membuat dan mengerjakan sesuatu sehingga kita bisa berlatih sesuatu dengan panduan buku tersebut, misalnya buku buku ntentang belajar konputer, membuat tempe, membuat tahu, membuat tape, keterampilan menjahit, tehnik menyulam pita dan payet, dan masih banyak lagi yang tentunya akan membuka lapangan pekerjaan bila kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Perpustakaan merupakan penyemangat dan penasehat yang baik karena buku buku tentang motifasi, agama, dan ahlak yang akan menuntun kita untuk lebih sabar, bertakwa, berahlak dan semakin termotifasi untuk meraih cita-cita dengan cara yang lebih baik.

Perpustakaan  juga merupakan pemberi informasi yang mendidik sebab semua buku yang masuk ke perpustakaan telah diseleksi agar sesuai dengan norma dan peraturan, di perpustakaan juga disediakan layanan internet gratis namun tentu saja dengan peraturan-peraturannya, misalmya tidak boleh untuk facebook, twiter, dan juga tidak boleh membuka situs porno ,sehingga pengunjung terhindar dari informasi yang tidak layak untuk mereka, oleh sebab itu para orang tua tidak perlu khawatir bila buah hatinya datang ke perpustakaan meskipun untuk menggunakan internet.

Dengan demikian maka tujuan pemerintah dalam rangka memajukan,mencerdaskan dan juga menciptakan masyarakat yang terampil dan berbudi pekerti dapat terwujudkan salah satunya melaui perpustakaan,sesuai dengan tujuan perpustakaan yang di kutip dari www.pemustaka.com Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa perpustakaan agar mereka:       
aDapat mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan
b.Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu, kehidupan sosial dan politik.
c.Dapat memelihara kemerdekaan, berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
d.Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapa menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia.
e.Dapat meningkatkan taraf kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya.
f.Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membinasaling pengertian antar bangsa.
g.Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang dapat bermanfaat untuk kehidupan pribadi dan sosial.

Tentunya dengan kita rajin membaca,dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu para pustakawan dengan segenap hati, tenaga dan pikiran akan menanamkan budaya gemar membaca kepada semua kalangan khususnya sejak mereka berusia dini atu sejak mereka masih anak-anak, agar tercipta masyarakat yang berwawasan luas, cerdas, terampil, berahlak dan berbudi pekerti.

Pengelola Perpustakaan SDN Banyubiru 04

1 komentar: