Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Jumat, 27 Juli 2012

DARI KEBATAN HINGGA KRADENAN


DARI KEBATAN HINGGA KRADENAN

Tutur Tinular Sejarah Desa Kradenan


Desa ini tergolong desa yang cukup tua, ini terbukti dengan sering ditemukannya barang-barang kuno dibeberapa lokasi. Seperti alat-alat rumah tangga perhiasan dan senjata yang terpendam. Juga terdapat kuburan 2 yang tidak diketahui siapa yang dimakamkan disitu, masayarakat setempat menyebutnya “Kuburan Budha”.
Yang jelas, ketika masa berpindahnya ibu kota Kerajaan Mataram dari Pleret (Kota Gede) ke Kartosuro, desa ini sudah ada, bahkan masyarakat setempat ikut ambil bagian dalam pembangunan Kedaton (Istana Keraton Kartosuro). Sebagian dari kebutuhan batubata (bata merah) untuk keperluan pembangunan keraton diambil dari desa ini. Tempat pembuatan batu bata tadi, masyarakat menyebutnya Kartosuran (Tosuran), yang terletak di dusun Kluwihan. Sedangkan Tobongan tempat pembakarannya masih terlihat bekasnya. Penduduk setempat menyebutnya dengan nama Secandi, dan menganggapnya tempat itu tempat keramat. Tidak seorangpun yang berani mengambil batu-batu bata yang masih tersisa disitu walau jumlahnya cukup banyak.
Ada cerita unik yang berkembang dimasyarakat, bahwa konon cara membawa batubata dari Secandi sampai Kartosuro dengan cara ulung-ulungan tidak dengan diusung atau dimuat dalam pedati, kuda beban atau alat angkut-angkut yang lain. Barangkali maksud sebenarnya dari kata ulung-ulungan tadi adalah diusung secara estafet, dari desa satu ke desa sebelahnya, kemudian orang-orang didesa sebelah tadi membawanya sampai ke desa berikutnya, begitu seterusnya, sehingga akhirnya sampai di Kartosura.
Ada cerita lain tentang batu bata tersebut. Di desa sebelah (Dusun Kadisongo) terdapat batu bata ytang tercecer/ tertinggal dann anehnya sampai saat ini tidak ada seorangpun yang berani mengambil ataupun memindahkannya, apalagi menganggunya.
Sebagai hadiah atas jasanya (berpartisipasi dalam pembangunan Kedaton) kemudian dinyatakan sebagai tanah perdikan atau Siti Mardiko yaitu daerah yang dibebaskan dari kewajiban membayar pajak/upeti, dengan nama Kebatan (sumber yang lain, sejak semula desa ini sudah bernama Kebatan).
Selain nama Tosuran nama-nama lain seperti Pringgoloyo, Rangsangpati merupakan pertanda bahwa desa Kebatan banyak berhubungan dengan kerajaan, atau setidaknya sering/pernah dikunjungi pejabat-pejabat dari Keraton. Setelah selesainya pembangunan Keraton Kartosuro tidak banyak diketahui tentang Desa Kebatan, barangkali tidak ada peristiwa-peristiwa penting yang perlu diingat-ingat dan diceritakan selain kejadian-kejadian rutin dalam masyarakat seperti yang kebanyakan terjadi di desa-desa lainnya. Hingga kemudian datang serombongan bangsawan.
Konon kedatangan mereka di desa ini karena melarikan diri setelah terdesak dalam perang (perang Diponegoro). Sebagian dari mereka kemudian menetap di Kebatan dan sebagian yang lain melanjutkan perjalanannya. Ada diantara mereka yang menetap di desa Udanwuh dan sebagian lagi tinggal di Boyolali. Salah seorang dari mereka yang menetap di desa Kebatan adalah RM. Wiryo Widjoyo yang kemudian diangkat menjadi Demang /Lurah di Kebatan/ Beliau adalah putra dari RM. Tjokro Nagoro, Bupati Lasem. RM. Tjokro Nagoro adalah menantu dari KGPAA Mangku Nagoro I atau yang terkenal dengan Julukan Pangeran Sambernyowo yang dimasa mudanya bernama RM. Said. Dalam buku silsilah yang diterbitkan putra Mangkunegaran disebut bahwa RM. Wiryo Widjoyo adalah Demang Siti Mardiko Kebatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada saat itu desa Kebatan masih merupakan tanah perdikan.
Sejak kapan Desa ini termasuk daerah jajahan Belanda tidak diketahui persisnya. Kebatan merupakan Wilayah Guberment. Hal itu dapat dilihat dengan adanya tempat yang disebut dengan nama Pelandan karena dahulu merupakan tempat tinggal /rumah orang belanda (sekarang di: komplek SDN Kradenan 01). Diperkirakan wilayah Kebatan dahulu hanya meliputi dusun-dusun/dukuh Kulon, Jurang, Tengahan, Kluwihan, Karang, Kebatan Kidul, dan Gender. Baru setelah diadakannya pembagian wilayah penarikan pajak dusun-dusun Kedesen dan Kalikendang gabung atau digabungkan dengan Kebatan. Kedesen semula merupakan kelurahan sendiri, sedangkan Kali Kendang selain tempatnya berdekatan juga namanya ada kemiripan dengan nama-nama pedukuhan yang lain yang berdekatan seperti Kalisat, Kalipanggang, Kaliwungu. Adapun Dusun Penturan merupakan tanah pemukiman baru (Pentur artinya tegal) jadi Penturan semula adalah tanah tegalan.
RM. Wiryowidjoyo dan keluarganya tinggal disebuah komplek diwilayah Desa Kebatan dan orang menyebutnya Kradenan dari kata Kra-Raden–an (tempat para raden/bangsawan). Bahkan sampai sekarang keturunan dari RM. Wiryowidjoyo biasa menyebut beliau dengan sebutan Mbah Raden sedangkan orang lain menyebutnya Kyai Raden.
 Dari sebutan tersebut, lama-lama wilayah dusun krajan yang meliputi Penturan, Kulon Jurang, Tengahan, Kluwihan, dan Karang terkenal dengan nama Kradenan, yang selanjutnya menjadi nama kelurahan (desa) tinggal Kebatan Kidul saja yang sampai sekarang masih tetap bernama Kebatan, namun tidak ada Kebatan yang lain seperti Kebatan Lor, Kebatan wetan ataupun Kebatan Kulon dan tinggal beberapa orang tua disekitar desa Kradenan saja yang sampai saat ini menyebut Desa Kradenan dengan nama Kebatan.
Ada beberapa peristiwa penting pada awal-awal kemerdekan yang perlu dicatat antara lain:
1.     Pada saat jatuhnya kota Salatiga ke tangan Kompeni Belanda (1947), desa Kradenan kebanjiran pengungsi yang terdiri dari orang-orang Tiong Hoa/Cina.
2.    Tahun 1948 ketika terjadi peristiwa pemberontakan PKI Muso (Madiun) desa Kradenan didatangi sejumlah tentara dari Divisi Siliwangi. Maksud kedatangan mereka untuk mencari sisa sisa dari anak buah Muso yang diperkirakan sembunyi di Kradenan atau di desa-desa sekitar.
3.    Pada saat agresi militer Belanda yang ke-2 (1948-1949) bupati Semarang (Soemardjito) beserta staf dan jajarannya semula mengungsi di Desa Pager karena merasa kurang aman kemudian pindah ke Dusun Gumukredjo (Desa Udanwuh) pada saat itu Bupati Soemardjito mondok dirumah Simun baru beberapa hari berada di Gumuk redjo kemudian pindah lagi ke Desa Kradenan.
4.    Cukup lama mereka tinggal di Kradenan hampir selama 1 tahun. Setelah keadaan benar-benar aman mereka kembali ke Semarang. Sayangnya tidak banyak yang diketahui siapa saja para pejabat yang ada di desa ini, kecuali Bupati Soemardjito yang kala itu mondok di Rumah Soekromo (P.Jimun) dan dua orang anggota polisi Rahmad dan Mandono yang berada di rumah RM. Martodisastro, barangkali mereka sengaja merahasiakan nama dan kedudukannya karena alasan keamanan terutama anggota tentaranya. Atau mungkin karena banyaknya pengungsi yang berada di daerah ini sehingga sulit untuk dikenali.
Selain itu, kecuali peristiwanya sudah berlangsung cukup lama juga penduduk Kradenan yang diperkirakan banyak berhubungan dengan mereka banyak yang sudah meningggal seperti RM. Wirosoekarto lurah desa Kradenan pada saat itu dan mendiang Marto Hardjono yang rumahnya dipergunakan menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten. Dengan keberadaan Bupati dan Staf beserta dengan jajarannya dalam waktu yang cukup lama maka pusat pemerintahannyapun untuk sementara berada di Desa Kradenan, adapun yang dijadikan sebagai Kantor Kabupaten adalah rumah Almarhum Marto Hardjono yang konon juga sebagai tempat tinggal Komandan Tentara dan sejumlah tentara.
Itulah tadi beberapa peristiwa diantara banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa Revolusi fisik. Dari berbagai peristiwa tersebut menunjukkan betapa besar dan loyalitas kesetiaan warga kepada Pemerintah/Negara. Bahkan hal itu telah dibuktikan sejak jaman kerajaan (Karatosuro hingga Jaman kemerdekaan NKRI) 
Tidak semua pengungsi suka tinggal di rumah orang-orang terpandang  dan berada. bahkan banyak diantara mereka yang lebih suka tinggal di rumah penduduk biasa dan miskin, barangkali karena alasan keamanan juga terutama orang- orang penting. Seperti almarhum Soikromo bukan orang yang tergolong berkecukupan, masyarakat sekitar dengan sukarela mengumpulkan bahan –bahan makanan sumbangan dari tertangganya, kemudian diserahkan kepada beberapa orang yang rumahnya ketempatan pengungsi.
Sebenarnya masih banyak peristiwa-peristiwa lain yang terjadi di Desa Kradenan  pada saat itu seperti pernah dibukanya sekolah  darurat  SMP yang diprakarsai oleh almarhum Soemanro (dari Desa Pagar) bersama rekan rekannya sesama mahasiswa yang kebetulan saat itu tidak ada kegiatan perkuliahan karena keadaan tidak memungkinkan.
Belum sempat menikmati hidup tenang karena perang telah selesai masyarakat sudah dibuat ketakutan oleh gerombolan MMC (Merapi Merbabu Complex) pimpinan Maryunani, seorang tentara yang terkena rasionalisasi.
Baru saja kekacauan yang ditimbulkan oleh segerombolan MMC lewat, kemudian disusul kekacauan baru oleh anggota DI/TII. Selain merampok dan merampas harta penduduk, mereka juaga membakar serta merusak rumah dan apa saja. Walaupun tingkat kerusakan yang ditimbulkan  tidak separah yang terjadi di desa Papringan tetapi keadaan tersebut membuat penduduk menjadi sangat ketakutan. Perbuatan anggota DI/TII sama sekali tidak sesuai dengan nama mereka yang mengaku sebagai pejuang yang berbasis agama
Dari berbagai pengalaman diatas ternyata ada juga hikmahnya bagi warga desa Kradenan. Karena merasa senasib dan sepenanggungan, peristiwa-peristiwa tersebut semakain mempertebal unsur kebersaman mereka. Bahwa betapapun besarnya kesulitan yang dihadapi akan dapat terselesaikan apabila diatasi bersama sama. Demikian juga dalam membangun desanya.
Unsur keberagaman itulah yang menjadi modal dasar dalam pembangunan yang dilaksanakan. Baik keberagaman dalam bertindak maupun kebersamaan dalam kepentingan yang positif. Selain sejak awal mudah tertanam sifat  kesetiaan terhadap Negara dan pemerintah, warga Desa Kradenan juga tergolong taat kepada fatwa leluhurnya.
Mereka cukup kuat dalam memegang adat, walaupun disana sini sudah diadakan perubahan-perubahan untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang. Upacara-upacara yang bersifat pribadi seperti upacara menyambut kelahiran anak, khitanan/tetesan, perkawinan  kematian dan lain-lain masih tetap dilaksanakan oleh sebagian besar warga setempat. Selain itu upacara-upacara lainnya yang bersifat umum seperti Merti Desa (bersih Desa), Sadranan dan lain-lainnya juga masih dilaksanakan
Upacara-upacara ritual tersebut merupakan upaya permohonan keselamatan kepada Tuhan bagi desa dan penghuninya.
(BM)-Dari berbagai sumber.

4 komentar:

  1. Di artikel ada Rangsangpati itu siapa nya pangeran Diponegoro? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  2. Tanah kelahiran, Rumah ku pas belakang Almarhum mbah jono

    BalasHapus
  3. Yang disebut tosuran itu area rumahQ. Makhluk astral dari jaman kerajaan sampai sekarang juga masih ada di area rumahQ.

    BalasHapus
  4. Tinggal anak cucu yang bermukim *Jiwa patriot dan loyalitas pada negara dari buyut kita😊

    BalasHapus