Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Jumat, 27 Juli 2012

Perpustakaan Ceria


Perpustakaan Ceria

Desa Jleper Kecamatan Mijen Kabupaten Demak
Bersama Kami Membaca dan Ceria Mengenggam Dunia

Perpustakaan Ceria
Sepak terjang menumbuhkembangkan minat baca, dimulai Perpustakaan Ceria sejak 11 Januari 2010, diawali oleh para "pegiat baca buku" di desa Jleper, yang secara terus menerus mencari ‘modal’ buku untuk perpustakaan yang mereka impikan.
Kemudian secara resmi, Perpustakaan Ceria dibuka setahun kemudian, tepatnya pada 6 Februari 2012. Yang membanggakan, Bapak Bupati Demak, yaitu Bapak (Alm.) Drs. Tafta Zaini, M.M. berkenan hadir dan meresmikan perpustakaan ini.
Baru pertama kali rasanya terjadi, Bupati berkenan meresmikan perpustakaan di tingkat desa”, ungkap Bapak dr. Abdur Rohman. Dengan kehadiran Bapak Bupati pula keberadaan perpustakaan Ceria menjadi ‘terkenal’ di seluruh desa Jleper.
dr. Abdur Rohman
Di komandoi oleh Bapak dr. H. Abdur Rohman, Kepala Puskesmas Mijen 1 Demak bersama para sukarelawan yang memiliki bervisi dan misi sama bersepakat untuk mengembangkan Perpustakaan Desa Ceria. “Ceria, adalah harapan kami agar perpustakaan ini membuat warga untuk selalu ceria dalam kehidupan. Dengan ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan yang diperoleh dari perpustakaan, kami berharap nantinya menjadi inspirasi dalam pengembangan kesejahteraan keluarga. Dengan keluarga yang sejahtera masyarakat senantiasa Ceria”, jelas dr. Abdur Rohman menjelaskan filosofi dari Nama Perpustakaan Ceria.
Saat kegiatan Posyandu, banyak anak-anak yang ketika itu secara tidak sengaja banyak buku yang menjadikan anak-anak maupun ibu mereka sangat senang. Kami berfikir kenapa kami tidak membuat perpustakaan dan kami integrasikan perpustakaan dengan Posyandu serta berbagai kegiatan lainnya, tambah dr. Abdul Rohman.
Perpustakaan Ceria melayani masyarakat yang ingin meminjam buku, Senin sampai Minggu, kecuali libur pada hari sabtu.  Dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.
Terjadwalnya layanan perpustakaan ceria ini dikarenakan adanya tenaga khusus pelayanan yang merupakan salah satu pengurus perpustakaan. “Ada seorang donatur yang berkenan setiap bulan memberikan uang lelah kepada petugas layanan, jadi Perpustakaan Ceria bisa buka setiap hari kecuali hari Sabtu, yang memang libur.”
Selain memperoleh donatur dalam bentuk uang lelah kepada petugas layanan, Perpustakaan Ceria juga mendapatkan berbagai sumbangan dari masyarakat. Seperti langganan Koran, tagihan internet, beberapa donatur memberikan buku baru setiap bulan 1 buku. “Menurut kami, membangun Jaringan pendukung bagi eksistensi perpustakaan sangatlah penting, kami menyikapi masalah klasik dana yang dihadapi berbagai perpustakaan dengan cara pendekatan ‘pertemanan’ dan sampai sekarang berhasil menurut kami. Kata Bapak dokter. Kemudian dijelaskan pula,”Diawal berdirinya perpustakaan, semua pengurus dengan komitmen yang tinggi mencari sumbangan berupa buku ke segenap kerabat, relasi yang kira-kira bisa menyumbangkan buku ke Perpustakaan Ceria”, sambung dr. Abdur Rohman.
Jumlah koleksi Perpustakaan Ceria sebanyak 4438 eksemplar. “Jumlah koleksi itu yang sudah diolah dan dimasukkan ke dalam program automasi perpustakaan, masih banyak buku-buku yang belum diolah”. Selain buku, Perpustakaan Ceria memiliki beragam koleksi lain. Seperti koleksi audio visual, peta, globe, Koran, kliping dan lukisan. “Kami memiliki koleksi langka mulai dari buku terbitan tahun 1945, juga koleksi koin kuno sumbangan seorang kolektor”, urai Bapak Dokter Abdur Rohman.
Perpustakaan Ceria yang menempati Rumah kosong milik Keluarga Bapak dr. Abdur Rohman ini menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan dan kelengkapan warga dalam mencari informasi di perpustakaan. Mulai Ruang Audio Visual, Ruang baca, sampai dengan ruang pengolahan Ruang pelayanan. Ruang Bermain Anak bahkan kamar mandipun tersedia. Sementara itu di teras terdapat koran dinding yang terpajang boleh dibaca 24 jam.
Untuk mendukung pelayanan, Perpustakaan Ceria sudah memakai sistem Automasi untuk mempercepat proses peminjaman”, jelas Bapak dr. Abdur Rohman. Selain sudah menggunakan komputerisasi, untuk memperluas jaringan, Perpustakaan Ceria juga memiliki weblog. “Dengan blog tersebut, kami ingin menunjukkan kepada dunia luar mengenai keberadaan perpustakaan ceria. Disamping media promosi juga memperluas Jaringan pendukung bagi kami”, urai Bapak dr. Abdur Rohman.
Perpustakaan Ceria Kaya akan kegiatan”, begitu ungkapan dr. Abdur Rohman. Kegiatan di Perpustakaan Ceria antara lain:
1.       Layanan Baca di tempat
Dengan ruangan yang repesentatif, membuat pengunjung nyaman. Masing masing ruang koleksi (referensi,anak dan umum) terdapat ruang baca.
2.       Layanan Peminjaman Buku
Menggunakan sistem layanan terbuka, dimana pengunjung bisa mencari sendiri buku yang ingin dipinjam.
3.       Layanan Penelusuran Informasi
Pencarian buku/katalog di Perpustakaan Ceria menggunakan program komputerisasi perpustakaan (automasi) LIMAS. “Progam LIMAS ini kemudian kami modifikasi sesuai dengan kebutuhan kami”, ungkap Bapak dr. Abdur Rohman. Dengan menggunakan Program komputerisasi, pengunjung menjadi lebih mudah mencari buku yang ingin dipinjam.
4.       Layanan Audio Visual
Layanan pemutaran film edukasi kepada masyarakat terutama anak-anak. Dengan harapan variasi layanan sehingga para pengunjung perpustakaan tidak jenuh. Selain merupakan hiburan, layanan audio visual juga bentuk promosi kepada masyarakat.
5.       Layanan Bercerita
Layanan yang diperuntukkan kepada anak-anak. Membacakan buku cerita kepada anak-anak oleh petugas perpustakaan
6.       Layanan Referensi
Layanan buku-buku rujukan, seperti koleksi kuno, kamus, ensiklopedi, dll. Layanan ini khusus dibaca di Perpustakaan Ceria dan tidak boleh dipinjam.
7.       Layanan Hotspot dan Internet
Dengan didukung donatur yang memberikan fasilitas internet kepada Perpustakaan ceria, sehingga layanan Hotdpot diberikan kepada masyarakat secara gratis.
8.       Layanan Posyandu Balita & Lansia
Posyandu yang merupakan cikal-bakal perpustakaan ini sampai saat ini masih berlokasi di Perpustakaan Ceria. Saat Posyandu, warga juga memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan. Kegiatan ini terwujud berkat kerjasama dengan Puskesmas, PKK dan Posyandu.
9.       Layanan Kejar Paket C
Bekerjasama dengan Dinas pendidikan, Perpustakaan Ceria mengadakan Program Kejar Paket C bagi masyarakat. Perpustakaan Ceria juga menyediakan buku-buku penunjang bagi keberhasilan masyarakat yang mengikuti Kejar Paket C tersebut.
10.   Lomba-lomba
Untuk mengenalkan Perpustakaan Ceria kepada masyarakat, sekaligus melatih jiwa kompetisi. Perpustakaan Ceria secara berkala selalu mengadakan berbagai lomba, seperti lomba mewarnai dan menggambar bagi anak anak, lomba memasak bagi ibu –ibu dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kegiatan Perpustakaan Ceria yang lain;
1.       Perpustakaan Ceria ikut masuk dalam kegiatan pengajian/pertemuan rutin warga.
2.       Bekerjasama dengan Puskesmas Mijen 1 menyelenggarakan pembinaan pengrajin kasur dan petani jambu air melaui kegiatan POS UKK (Upaya Kesehatan Kerja)
3.       Memberikan bantuan hibah bahan pustaka ke perpustakaan desa dan sekolah disekitar.
Hambatan yang seringkali ditemui oleh para pengelola perpustakaan ceria, “Kurangnya kesadaran para orang tua dalam memberikan teladan membaca kepada anak, orang tua lebih suka menonton tv, anak-anak yang cenderung memiliki budaya meniru menjadikan hal tersebut contoh mereka. Namun kami selalu berupaya untuk melibatkan para orang tua agar menyadari pentingnya membaca, dengan kegiatan-kegiatan yang kami miliki”. Jelas Bapak dr. Abdur Rohman. Atas hasil jerih payah semua pengurus, Tahun 2012 ini Perpustakaan Ceria berhasil menempati peringkat 2 lomba perpustakaan desa se Jateng. “Pengakuan prestasi tersebut semakin mempertebal motivasi para pengurus sekaligus membuat bangga warga desa Jleper”, ungkap dr. Abdur rohman mengakhiri wawancara dengan BP.
Sementara itu untuk berkorespondensi dengan Perpustakaan Ceria, bisa datang langsung ke Desa Jleper RT 05/ III Kecamatan Mijen Kabupaten Demak atau bisa mengungjungi weblog: www.perpusceria.blogspot.com. Bisa juga menghubungi dr. Abdur Rohman di no hp 081325092982.(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar