Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Jumat, 27 Juli 2012

SAKA PUSTAKA : MEMBANTU MENUMBUHKAN MINAT BACA


SAKA PUSTAKA : MEMBANTU MENUMBUHKAN MINAT BACA

Oleh : Santoso Mahargono, A.Md.

Saka Pustaka, apakah itu?, Pramuka dan Perpustakaan, demikianlah sebuah istilah ini digabungkan. Pramuka sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan guna menyiapkan anak bangsa yang berkualitas baik moral, mental, spiritual, intlelektual, emosional, maupun fisik dan ketrampilan. Selanjutnya Perpustakaan sebagai organisasi informasi yang memiliki manajemen dan sumber informasi yang mampu didayakan dalam upaya memenuhi kebutuhan pembelajaran sepanjang hayat dalam kehidupan manusia. Sebuah keterkaitan yang dapat saling tarik menarik dan memberikan manfaat yang berdaya guna tinggi. Secara historis, Gerakan Pramuka di Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961, sebelumnya biasa disebut Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia. Seiring perjalanan waktu, lahir pula Saka Pustaka yang menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara umum tujuan dibentuknya Pramuka sendiri  adalah menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab serta mampu mengisi kemerdekaan Indonesia.
Jadi hakekat Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, dibawah tanggungjawab anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu. Proses pendidikan itulah yang bersinergi dengan tujuan Perpustakaan dalam pembelajaran sepanjang hayat, khususnya membidik anak usia sekolah dalam rangka menumbuhkan minat baca. Mengapa usia sekolah? ya, banyak sudah penelitian maupun tinjauan yang menyebutkan bahwa minat baca di Indonesia pada urutan kesekian, kategori rendah dan tertinggal dengan negara tetangga. Itulah mengapa sinergi ekstrakurikuler Pramuka diharapkan ikut serta membantu menumbuhkan minat baca pada anak anak didik.
Sinergi antara Pramuka, Anak Didik, dan Perpustakaan
Saat ini, hampir di setiap Sekolah memberikan ekstrakurikuler pada anak didiknya untuk mengikuti Pramuka. Melalui Saka Pustaka, pengetahuan Perpustakaan dapat ditularkan kepada peserta Pramuka melalui kegiatan membaca, menulis, bercerita, dan diskusi. Saka Pustaka mampu menciptakan Kakak Pembina yang memiliki kepedulian dengan Perpustakaan sebagai bagian dari lingkungan Sekolah yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan pengetahuan anak didik melalui kegiatan membaca. Secara bertahap kegiatan membaca ini diharapkan menumbuhkan minat baca bagi anak didik.
Tidak mudah memang menyatukan 3 hal tersebut diatas dalam sebuah satu tujuan yaitu menumbuhkan minat baca, mengikuti Pramuka dan Ketersediaan koleksi Perpustakaan. Ditambahkan pula bahwa  minat adalah aspek psikis manusia. Minat berkaitan erat dengan motif. Anak didik akan berminat membaca jika menyenangi bacaan yang tersedia di Perpustakaan, dengan perasaan senang, mendapatkan pengalaman membaca serta pengetahuan baru merupakan motif anak didik untuk selalu membaca, tentu dengan bacaan yang beragam tidak monoton apalagi itu-itu saja dari tahun ke tahun. Keterkaitan itu jika mampu dijalankan setidaknya membantu Pustakawan Sekolah dalam rangka menumbuhkan minat baca. Tugas Kepramukaan mulai Siaga hingga Penggalang secara bertahap dikaitkan dengan bacaan, misalnya bacaan kecakapan meramu tanaman obat, mengenal hewan dan kebiasaannya, mengenal lingkungan, membaca peta dan bacaan kecakapan yang menunjang Pramuka. Kegiatan terbuka diimbangi dengan kegiatan didalam Perpustakaan, Kecakapan ditunjang dengan bacaan yang memadai, Kemampuan literasi informasi diperoleh melalui Saka Pustaka dan yang terakhir adalah Penyusunan Materi Pramuka yang melibatkan Pustakawan harus didukung dengan Kebijakan Kepala Sekolah yang memandang arti penting Perpustakaan Sekolah.
*/ Pustakawan Pelaksana pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar