Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 17 Juni 2010

MENCETAK GENERASI CERDAS


MENCETAK GENERASI CERDAS
Oleh : Rina Puji Lestari  

            Membaca adalah kunci keberhasilan. Melalui aktivitas membaca akan dapat diperoleh banyak informasi tentang perikehidupan manusia. Disamping itu, aktivitas membaca ternyata dapat menambah wawasan yang luar biasa, dan juga mampu menghilangkan rasa kejenuhan di dalam hati. Namun, banyak diantara kita yang kurang dapat meluangkan waktu untuk aktivitas tersebut. Ironis memang, banyak diantara kita yang beranggapan bahwa aktivitas membaca adalah sebuah kegiatan yang sia-sia. Tidak banyak dari kita yang suka membaca. Mereka lebih senang ngerumpi di rumah tetangga alias ngegosip, dan pergi jalan-jalan untuk menghabiskan uang belanja. Mereka beranggapan bahwa membaca itu hanya buang-buang waktu saja. Padahal kalau kita sedikit mau berpikir ulang bahwa waktu yang dianggap terbuang itu adalah “kunci kesuksesan bagi kita dalam menata hari esok”. Bukankah dengan melakukan aktivitas membaca, maka kita akan banyak pula mengetahui berbagai hal kegiatan yang berada di luar baik diluar rumah kita maupun di luar lingkungan tempat tinggal kita.
            Faktor berkurangnya minat membaca di lingkungan kita ini salah satu diantaranya adalah kekurang fahaman kita akan manfaat membaca. Padahal sudah sering kali kita mendengarkan anjuran-anjuran untuk membaca, terutama dari Bapak dan Ibu guru. Membaca sangat bermanfaat bagi siapa saja, tidak hanya bagi mereka yang masih menuntut ilmu di bangku sekolah saja, namun demikian juga sangat penting untuk dilakukan oleh kaum hawa. Kita semua tentu mengalami dan juga sepakat akan pentingnya mendidik anak, dan ”Ibu adalah madrasah awal bagi anak-anaknya”. Bagaimana mungkin kita mendidik dan mengajar anak turun kita, apabila kita sendiri tidak mau belajar. Transfer ilmu pengetahuan tentunya akan dengan mudah dapat kita lakukan apabila kita banyak melakukan aktivitas membaca. Oleh karenanya, budayakan mulai sekarang  aktivitas membaca itu dalam lingkungan keluarga.
            Membaca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosi pada anak. Membaca dapat membentuk kepribadian, watak, akhlak, dan membangun kepribadian yang tentu lebih baik. Pendek kata, banyak sekali manfaat dari aktivitas membaca. Bukankah maju mundurnya peradaban suatu kaum banyak ditentukan oleh kiprah kaum hawanya. Tunggu apalagi, marilah kita tanamkan kebiasaan membaca sejak dini sebelum semuanya terlambat. Ada sebuah pepatah mengatakan,  ”Malas membaca akan mendekatkan diri pada kebodohan, dan kebodohan dekat kemiskinan”.  Padahal berada di tangan kita generasi penerus bangsa ini. Ayo, kita semua pasti bisa. “Ibu cerdas generasi penerus bangas cerdas”.
  
*)   Rina Puji Lestari seorang Ibu Rumah Tangga, tinggal di Desa Polosiri, Bawen, Kabupaten Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar