Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 17 Juni 2010

PERPUSTAKAAN BERGEMA

Liputan :
PERPUSTAKAAN ”BERGEMA
Desa Patak Banteng Wonosobo
 ”BERGeliat bErsama Masyarakt”

Desa Patak Banteng yang berada di lembah pegunungan Dieng Kabupaten Wonosobo, mempunyai pemandangan yang indah berhawa sejuk. Berjarak sekitar 27 km sebelah utara dari kota Wonosobo, desa Patak Banteng memiliki perpustakaan yang berada di atas awan, benar benar diatas awan karena berada di ketinggian 6000 kaki atau 2093 m diatas permukaan laut. Saat perjalanan menuju lokasi, tim Buletin serasa menembus awan. Perjalanan yang menyusuri lembah layaknya sambutan menuju Perpustakaan Bergema. Keramahan masyarakat saat menyambut Tim Buletin membuat hati terasa hangat, walau suhu saat itu bekisar antara 150C - 200C.
Tim buletin dalam perjalanan sangat terpukau oleh pemandangan Pegunungan Dieng, saat sampai di  Desa Patak Banteng, dibuat takjub oleh Perpustakaan Bergema. Kagum akan gedung perpustakaan yang megah. Perpustakaan bergema sudah membagi ruang ruang di dalam gedung perpustakaan, mulai ruang sirkulasi, ruang baca, ruang audiovisual, ruang APE, ruang ketrampilan, kamar kecil, sampai dengan ruang tamu.
Berdiri tahun 2001, dengan diawali oleh keberadaan organisasi pemuda pecinta alam ”The Bull Eggs Adventure”. Bermula dari keprihatinan para pemuda tersebut terhadap perusakan dan penggundulan hutan di kawasan Dieng, yang disebabkan oleh rendahnya edukasi kepada masyarakat.
Sejak tahun 2003, Perpustakaan Bergema kemudian berkembang dari penambahan koleksi, pengembangan kegiatan perpustakaan, serta perbaikan gedung, sarana dan prasarana.

”Tujuan Perpustakaan Bergema pada awalnya sebagai wahana serta sarana membaca masyarakat Desa Patak Banteng, kemudian seiring perkembangan waktu kemudian bermisi meningkatkan taraf hidup masyarakat.” urai Ibu Maesaroh,SE. Ketua Pengelola Perpustakaan Bergema.
Sebelum menempati gedung yang sekarang ini (sejak 2008), Perpustakaan Bergema berpindah-pindah tempat sebanyak 4 kali. Dimulai pada tahun 2001 yang bermula disalah satu rumah pengelola yang belum terpakai, saat itu masih bernama sanggar baca bergema, kemudian tahun 2003 pindah ke salah satu ruang di rumah pengelola yang lain. Pada tahun 2005 pindah lagi ke rumah orang tua Ibu Maesaroh, baru pada tahun 2008 perpustakaan Bergema memiliki Gedung sendiri, berbagi dengan mushola desa. Atas kebijaksanaan Pemerintahan Desa yang merelakan Mushola di naikkan ke lantai 2. Perpustakaan bergema berhasil merangkul berbagai pihak untuk membantu pembangunan Gedung Perpustakaan Bergema ini.
“Kami tak kenal menyerah meminta bantuan dari berbagai perusahaan yang peduli, bahkan kami berhasil memanfaatkan juga dana PNPM untuk membantu pembangunan Perpustakaan Bergema.” Terang Ibu Maesaroh. Bersama 21 orang teman-teman pengelola yang lain, Ibu Maesaroh selalu berinovasi dalam mengembangkan layanan. Beberapa pihak yang diajak kerjasama antara lain:
a.      Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga
b.      Kantor Perpustakaan Umum Kabupaten
c.       Dinas Pertanian Tanaman Pangan
d.      Dinas Kehutanan dan Perkebunan
e.      Dinas Pariwisata
f.       Kantor Departemen Agama
g.      Camat Kejajar
h.       Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa
i.        Pemerintah Desa (Kades dan perangkat)
j.        PT Geodipa Energi & PT Petrokimia Gresik
k.       GAPOKTAN AL-FARUQ
l.        Sponsor dan para Relawan
Perpustakaan bergema buka setiap hari, dari jam 08.00 – 13.00 WIB dan 18.30 – 21.00 WIB dengan koleksi yang mencapai 8250 eksemplar. ”Kami, 21 orangpengelola Perpustakaan Patak Banteng bersyukur sampai saat ini belum pernah menerima sedikit pun uang untuk honor pengelolaan Perpustakaan Bergema ini, niat kami adalah bekerja untuk masyarakat, didasari niat sosial sehingga kami yakin pada akhirnya kami akan menerima banyak manfaat yang lain. ”ungkap Ibu Maesaroh.
Ibu Maesaroh (36th) menjelaskan bahwa Perpustakaan Bergema mempunyai berbagai macam kegiatan, “Keagamaan, olahraga, kesenian, belajar mengajar, keterampilan, pertanian.”urai Ibu Maesaroh. Begitu komplitnya fungsi dan peran Perpustakaan Bergema ini bagi masyarakat sehingga masyarakat sangat menyambut antusias keberadaan Perpustakaan Bergema ini.
Kegiatan – kegiatan Perpustakaan Bergema antara lain:
1.     Kelompok Tani
Kelompok Tani berfungsi sebagai sayap ekonomi, kegiatan ekonomi produktif yang hasilnya digunakan untuk membiayai operasional kegiatan Perpustakaan Bergema, sekaligus memberikan modal sekolah lapang bagi masyarakat sekitar. Kelompok Tani Bergema berdiri dan aktif sejak tahun 2001 sampai sekarang. Kelompok Tani adalah merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai aktivitas/kegiatan dan tujuan yang sama, dan mendiami wilayah tertentu. Kelompok tani Bergema beranggotakan 21 orang yang seluruhnya juga merupakan pengurus dan pengelola Perpustakaan Bergema. Keleluasaan aktivitas Perpustakaan berbanding lurus dengan kemandirian Perpustakaan dalam membiayai aktivitasnya. Kelompok Tani Bergema bekerjasama dengan Pemerintahan Desa diijinkan untuk mengolah lahan bengkok desa yang dapat digunakan untuk melaksanakan  aktivitas pertanian. Kelompok tani Bergema yang berfungsi sebagai sayap ekonomi dan merupakan kegiatan ekonomi produktif yang hasilnya digunakan untuk membiayai operasional kegiatan Perpustakaan.
Keterampilan menanam Kentang diperoleh tidak saja warisan orang tua, tapi juga membaca buku-buku pertanian yang ada di Perpustakaan.
2.     Kelompok Peduli Lingkungan
Kelompok ini merupakan tonggak awal berdirinya Perpustakaan Bergema, dan sampai saat ini masih terus eksis untuk kegiatan-kegiatan penyelamatan lingkungan, salah satu kegiatan unggulannya adalah aksi langsung kegiatan reboisasi di lahan-lahan kritis.
3.     Kursus Bahasa Inggris
Dengan adanya kursus bahasa Inggris di Perpustakaan Bergema Patak Banteng diharapkan dapat membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam penguasaan dalam bahasa Inggris. Adapun anak-anak yang mengikuti program ini adalah anak-anak usia SD.

4.     Program Kesetaraan (Kejar Paket B dan C)
Program Kejar Paket B dan C dibuka dengan harapan masyarakat bisa mendapatkan pendidikan setara SMP dan SMA dengan biaya yang terjangkau dan dekat.
5.     Kursus Komputer
Dalam Program ini, warga belajar dikenalkan pada berbagai macam program Komputer, yang diikuti oleh anak-anak usia SD sampai SMP.
6.    Bimbingan Belajar
Program ini kami laksanakan dalam rangka membimbing siswa SD,SMP,SMA untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah dengan sistem tutor sebaya, walaupun hanya bersifat sebagai program pendamping namun program ini dapat meningkatkan prestasi siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA khususnya.
 7.   Kegiatan-kegiatan lain
Kegiatan-kegiatan lain seperti kursus menjahit, kursus memasak, olahraga, tari Topeng, Rebana, Budidaya tanaman hias, budidaya tanaman Strawberry dan bimbingan rohani atau pengajian.
Selama berdirinya Perpustakaan bergema, berbagai tantangan dan hambatan ditemui oleh para pengelola; kurangnya dukungan masyarakat, kurangnya dana dan rendahnya minat baca. “Kami berupaya dan berusaha mengatasi masalah masalah tersebut dengan melaksanakan program-program kegiatan yang kreatif dan inovatif, melaksanakan kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan secara financial, antara lain koperasi bergema.” Jelas Ibu Maesaroh.
Perpustakaan Bergema pernah meraih prestasi juara II Tk. Propinsi pada lomba Perpustakaan yang diadakan oleh Perpusda Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2009. Prestasi yang merupakan hasil jerih payah dan penghargaan atas dedikasi para pengelola Perpustakaan Bergema yang tidak pernah berhenti untuk berjuang memajukan budaya baca masyarakat.
Diakhir pertemuan Ibu Maesaroh berpesan kepada seluruh Pengelola Perpustakaan KEMBANGKAN INOVASI dan KREATIFITAS PROGRAM, karena Kemandirian keuangan tidak cukup untuk mempertahankan keberlangsungan Perpustakaan tanpa ada jejaring atau kerjasama serta dukungan dari instansi terkait. Bimbingan serta pendampingan harus tetap dilaksanakan agar keberadaan dan kemanfaatan Perpustakaan sesuai dengan harapan untuk melahirkan penerus bangsa yang berkualitas, terciptanya sumber daya manusia yang cerdas, terampil, kreatif dan sejahtera, kata Ibu Maesaroh.
Untuk Korespondensi dengan pengelola Perpustakaan Patakbanteng bisa mengubungi Pengelola Perpustakaan Bergema dengan alamat Desa Patak Banteng RT 10/ RW 05, kode pos 56354, Jl. Dieng Km. 24 Patakbanteng, Kejajar Kabupaten Wonosobo.No Telp. 081229471919, 081328700195


Tidak ada komentar:

Posting Komentar