Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 02 Juni 2011

HARI KARTINI DI FAHIMNA : Perpustakaan Desa Gedangan Kec. Tuntang


HARI KARTINI DI FAHIMNA
Perpustakaan Desa Gedangan Kec. Tuntang

Perpustakaan Fahimna
Tidak Kenal maka tidak sayang…
Kurang lebih demikian pepatah dimasyarakat, begitu juga yang dirasa para pengelola Perpustakaan Fahimna. Perpustakaan yang berdiri sejak 2008 lalu mencoba mengenalkan diri kepada masyarakat. Walaupun semenjak berdiri sampai saat ini masyarakat sekitarpun sebenarnya sudah banyak yang memanfaatkan.
Dalam rangka ikut menghayubagya, memperingati hari Kartini, dalam memperjuangkan derajat kaum wanita agar sejajar dan pemiliki peran yang sama dengan para pria = emansipisasi wanita. Perpustakaan Fahimna mengadakan Lomba Meringkas buku.. Yang tanpa disadari panitia pesertanya wanita semua. “Kami baru sadar saat mereka presentasi”, ungkap Ibu Sugirah, pengelola sekaligus ketua Panitia Kegiatan ini.

 
Selain lomba meringkas buku, juga diadakan lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD dan TK. Antusias peserta lomba terlihat sejak pagi hari sebelum acara dimulai, bahkan para orangtuapun ikut larut dalam member semangat para putra-putrinya untuk ikut lomba. “Biar anak saya mempunyai keberanian serta percaya diri pak.” jawab Bu Ika, salah satu ibu dari siswa.
SEMENTARA ITU, Ibu Sugirah, seperti yang diceritakan kepada BULETIN Pustaka, kegiatan ini bertujan untuk :
1.      Mengenalkan dan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat.
2.      Meningkatan minat baca masyarakat.
3.      Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui ilmu dan wawasan dari hasil baca buku di perpustakaan.
Lomba mewarnai diikuti 60 orang siswa, sementara lomba meringkas buku dengan kategori masyarakat umum diikuti oleh 30 orang dengan ditambah presentasi hasil meringkas.
Kegiatan memperingati Hari Kartini juga diadakan kegiatan pemutaran film untuk anak-anak, kerjasama dengan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang. Kegiatan dimulai jam 8 pagi sampai dengan jam 3 sore ini mendapat dukungan penuh dari orang tua para siswa, selain juga dukungan dari para donatur.

 
Perpustakaan Fahimna Desa Gedangan Kecamatan Tuntang berada di pinggir jalan raya desa Gedangan, tepatnya di bekas gedung SD Impres Gedangan. Yang bersebelahan dengan PAUD Mutiara Bangsa. Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat SD serta MI, dengan letak yang strategis itu pula banyak pengunjung yang datang ke perpustakaan. Buka setiap hari Senin-Minggu pada jam 8 – sampai dengan jam 1 setiap hari. Dengan petugas jaga bergiliran, “Mereka ini yang menjadi penggerak kehidupan Fahimna, tanpa sukarelawan-sukarelawan ini kami tentunya tidak bisa buka setiap hari. Mereka ikhlas tanpa pamrih, namun kami juga mengharapkan ada bantuan dari pihak terkait agar memperhatikan perpustakaan, karena selama ini kami sama sekali minim bantuan.” Terang Ibu Sugirah. “Sukarelawan sukarelawati tersebut tanpa pamrih apapun dan kami tidak pernah membayar honor untuk mereka,” lanjut Ibu Sugirah.
 Akankah keadaan ini terus berlanjut, tanpa perhatian dari pihak terkait, padahal melihat semangat dari pengelola tanpa mengenal pamrih berusaha meningkatkan SDM masyarakat melalui bacaan buku di perpustakaan?
(BULETIN PUSTAKA, bertanya pada anda….)
Yang hadir, serta berkenan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba Mewarnai anak-Anak TK dari Penilik Sekolah Kecamatan Tuntang. Dalam kesempatan ini, sementara itu untuk  Pemutaran Film untuk anak-anak difasilitasi dengan mobil perpustakaan keliling. (BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar