Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 02 Juni 2011

Perpustakaan Sebagai Alternatif Entertainment


Perpustakaan Sebagai Alternatif Entertainment
*\Wachid El Khwarizm

Setiap orang pasti membutuhkan dengan yang namanya hiburan. Entertainment istilah kerennya begitu. Meski terlihat sepele, namun sebenarnya hiburan punya peran yang penting terhadap kehidupan manusia. Bayangkan saja apa yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada hiburan, maka penyakit yang bernama stress akan merajalela. Setelah kita disibukkan dengan pekerjaan, setelah para mahasiswa disibukkan dengan tugas-tugas kuliahnya dan setelah para pelajar SMA, SMP dan SD disibukkan dengan ujian nasionalnya, kemana lagi kalau bukan hiburan tempat untuk menghilangkan kepenatan semua itu.
Hiburan adalah segala sesuatu – baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda, perilaku – yang dapat menjadi penghibur atau pelipur hati yang susah atau sedih. Pada umumnya hiburan dapat berupa musik, film, opera, drama, ataupun berupa permainan bahkan olahraga. Berwisata juga dapat dikatakan sebagai upaya hiburan dengan menjelajahi alam ataupun mempelajari budaya. Mengisi kegiatan di waktu senggang seperti membuat kerajinan, keterampilan, membaca juga dapat dikatagorikan sebagai hiburan.                   
Lalu bagaimana cara orang bisa mendapatkan hiburan?
Sekarang ini banyak media yang bisa punya peran untuk menjadi hiburan. Misalnya saja dengan menonton Televisi, menonton bioskop, mendengarkan Radio, berolahraga, berekreasi atau berwisata dan masih banyak lagi yang lainnya.
Namun pernahkah kita terbesit sedikit saja untuk mencari hiburan yang selain menghibur tapi juga dapat menambah ilmu pengetahuan kita? Wow… kalau itu yang ada dipikiran kita maka salah satu jawabannya tak lain dan tak bukan adalah Perpustakaan.
Di Indonesia saat ini sudah banyak perpustakaan yang tersebar dimasyarakat. Baik dengan format Perpustakaan Desa (Perpusdes), Perpustakaan Daerah(Perpusda), Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Warung Baca, Pojok Baca, Rumah Baca dan masih banyak yang lainnya dengan format yang berbeda-beda namun tetap satu layanan yaitu perpustakaan.
Perpustakaan di era modern sekarang ini, tampil dengan layanan yang berbeda (pelayanan lebih komplit lagi, maksudnya begitu!). Sebagai media entertainment (hiburan), selain menyajikan bahan bacaan  yang bermutu juga terdapatnya layanan lain seperti misalnya terdapat media Televisi, fasilitas internet, Hotspot area, bahkan kadang-kadang ada layanan nonton bareng, bedah buku, book fair dan lain-lain.
Tak salah kiranya kalau kita menyebutnya bahwa perpustakaan adalah media entertainment alternatif yang bermutu yang dapat kita pilih sebagai hiburan untuk sejenak melepas kepenatan dari segala aktivitas kita.
Jadi bila Anda sedang bingung untuk memilih hiburan (entertainment) yang bermutu, jangan sungkan untuk berkunjung ke Perpustakaan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada disekitar Anda. Perpustakaan sebagai alternatif entertainment yang bermutu patut untuk Anda coba.
TBM Nurul Fatah Gemawang



2 komentar:

  1. Siiippp...
    Sekarang Perpusda jd lebih komplit, bs lihat d FB, Blog dan semoga sebentar lagi Web... Amin
    hehehe...
    saran : Ms unt Header itu sebaiknya buat yg khusus saja dg bentuk persegi panjang, bs bwt dg Corer / Sotoshop...
    Perpusda tambah joss pokoke...

    BalasHapus
  2. Mas bisa bantu modif? kami sunguh senang sekali.....
    (keterbatasan skill TI jadi blog ya apa adanya gini....kepinginnya sic lebih bagus)
    terimakasih

    BalasHapus