Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 02 Juni 2011

Merti Desa Kalisidi : “Ikut Mempromosikan Perpustakaan Desa”


Merti Desa Kalisidi
“Ikut Mempromosikan Perpustakaan Desa”

Di Desa Kalisidi, Merti Desa telah menjadi tradisi tahunan sejak 2008, seperti yang tercantum di release websitenya: www.kalisidi.com, merupakan gagasan yang berdasar pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dijadikan pertanda refleksi dan evaluasi. Merti Desa Kalisidi diselenggarakan pada tanggal 20 Mei - 22 Mei dengan berbagai kegiatan yang melibatkan beberapa instansi Pemerintah Kabupaten Semarang.
Pembukaan rangkaian Merti Desa yang di pusatkan di halaman SD N Kalisidi 01. Berbagai Undangan yang hadir antara lain dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, BLH, Dispendukcapil dan Kantor Perpustakaan daerah Kabupaten Semarang. Beberapa kegiatan, yang diadakan pada antara lain :
GERAKAN MINUM SUSU UNTUK SISWA TAHUN 2011
Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan anak untuk hidup sehat, dan menjadikan masyarakat untuk sadar gizi. Juga mempromosikan hasil dari peternakan sapi yang dibudidayakan oleh masyarakat. Dengan dikomandoi Bapak Kades, Bapak Dimas, semua yang hadir mulai dari siswa sampai dengan tamu undangan semua dengan serempak meminum segelas susu yang telah disediakan oleh panitia Merti Desa Kalisidi.
LOMBA ANTAR SD/MI SE DESA KALISIDI
Diadakan untuk memeriahkan, dan saling bersilaturahmi untuk semua siswa sekolah yang ada dikalisidi, seperti yang di sampaikan Bapak Kades kalisidi. Bapak Dimas, “Agar tercipta kehidupan masyarakat yang guyub-rukun semenjak anak-anak hingga mereka tua kelak.” Lomba komba seperti makan kerupuk, memasukkan pensil dalam air dan pecah air dalam plastic mendapatkan antusiasme dari anak-anak, itu terbukti dari tidak beranjaknya anak-anak dari lokasi pusat perayaan Merti Desa Kalisidi
GERAKAN PENGHIJAUAN
Kalisidi yang berada di lereng gunung Ungaran, ingin menciptakan kesadaran bagi semua pihak dengan menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan Penanaman Pohon oleh para tamu undangan yang hadir. Kegiatan ini juga menjadi salah satu partisipasi aktif Desa Kalisidi dalam mendukung gerakan EcoGreen.
PERESMIAN KANDANG KAMBING KOMUNAL
Kandang yang dilokalisasi pada satu tempat, dengan sistem kandang modern. Berbagai keuntungan yang didapat antara lain; pemantauan/pengawasan kambing yang relatif mudah serta berbagai keuntungan yang lain
DONOR DARAH PMI KABUPATEN SEMARANG
Menjadikan masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu sesama melalui kegiatan donor darah ini. Kemudian beberapa kegiatan lain seperti; LAUNCHING HOTSPOT KANTOR DESA KALISIDI, LAUNCHING LIGA SEPAK BOLA KALISIDI 2011, LAUNCHING WEBSITE : ww.kalisidi.com , ISTIGHOTSAH DAN PENGAJIAN DESA KALISIDI yang digelar pada hari Jumat malam Sabtu yang dihadiri oleh segenap pejabat Kabupaten Semarang. Kemudian acara WISATA ROHANI LEMBAGA MASYARAKAT SE DESA KALISIDI, PELETAKAN TIANG PANCANG REHAB GEDUNG BPD DAN LKMD, LAUNCHING FORUM AMAL UNTUK PUGAR RUMAH TIDAK LAYAK
Untuk Perpustakaan Desa, juga dipromosikan dalam kegiatan ini. Dengan bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang diadakan acara membaca bersama dengan difasilitasi mobil keliling. Untuk mendukung acara ini, juga dilombakan membaca cerita bagi anak-anak.
Antusiasme terpancar dari anak-anak yang membaca buku, “Kalian nanti boleh meminjam dan membaca buku di perpustakaan desa Kalisdidi yang terletak di samping kantor desa, Mobil Perpusling ini sebulan sekali akan kesana”, jelas Bapak Cahyo, Kasi Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang.(BM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar