Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Sabtu, 18 Desember 2010

GARA-GARA PERPUSTAKAAN


Cerpen :
GARA-GARA PERPUSTAKAAN
*\ Meka Nitrit K

          Pagi itu, pagi yang cerah nampaknya meskipun hawa panas mulai merambah ruang yang penuh dengan benda-benda dan barang-barang milik anak kos. Sinar mentari mulai menelusup melewati sekotak jendela di kamar tidurku, begitu pula yang dialami oleh kamar-kamar lain.
         Ah semoga hari ini menguntungkan”. Pikirku ketika aku akan bersiap-siap berbenah diri hendak meninggalkan kamar kos yang penuh kenangan itu.
         Hari itu, ya hari itu adalah salah satu hari masa semester terakhirku mengenyam bangku kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Semarang. Tentunya hari-hari yang dilalui pula oleh teman-teman semester akhir yang sedang bergumul dengan skripsi dan tugas akhir.
         Hai pagi amat Ra? Ke Perpus lagi? “Tanya salah satu teman kosku.
         Huum teh, hari ini mo berkunjung ke beberapa perpus, maklum buku-buku buat skripsiku masih jarang n belum ada yang ngerjain skripsi kaya gini di kampus kita”.jawabku panjang lebar.
         Semangat ya!!!kamu juga aneh, susah gitu kok tetep dilanjutin. Mo ke perpusda Jateng pa Perpus Universitas?balas teh Is.
         Ya namanya juga tantangan teh, dah 3 Tahun lebih aku kuliah, masa mo bikin skripsi yang biasa-biasa aja. Nyante ja, kan da perpus yang bisa bantu selain internet. Mo ke perpusda Jateng n perpus fakultas dulu, besok baru ke perpus Universitas n Perpus Fakultas Psikologi.”jawabku atas tanggapan teh Is.
         Teh Is mengembangkan senyuman mendengar jawabanku. Aku pergi dengan penuh semangat dan riang gembira serta berharap semoga buku-buku yang ku butuhkan segera di tangan.
         Hari demi hari, bulan demi bulan ku lalui dengan berkunjung ke Perpus dan membaca buku yang berkaitan dengan judul skripsiku. Walhasil, huruf demi huruf dapat segera tertuang di kertas ukuran kuarto, berjenis 80 gram dan dapat selalu ku ajukan ke dosen pembimbing setiap minggunya. Meskipun masih selalu penuh dengan hiasan tinta merah karya dosen pembimbingku. Tak jadi masalah pikirku. Selagi masih ada perpustakaan, yang selalu terbuka untukku meskipun toko buku tak dapat lagi menjadi harapan waktu itu.
***
         Suatu ketika berjumpalah aku dengan sahabatku selama menempuh study di Seamarang.
         Teteh pengen cerita ni Ra, tentang kejadian kemarin”. Kata teman aktifisku di suatu senja.
         Apa Teh?? Bentar….bentar….sebelum Teteh cerita, aku mo Tanya dulu, dah nyampe mana skripsi Teteh???”Sanggahku sebelum mendengar ceritanya.
         Ye orang mo cerita malah ditanya, ntar dulu napa? Skripsi Teteh belum ni, baru nyampe proposal”. Jawabnya tanpa dosa.
         Ha!!!! Dari jaman Sepeda Kayuh sampe pesawat terbang masih nyampe itu juga???Apa sih masalahnya? Buku yang susah didapetin atau tinjauan pustaka yang ga nemu-nemu?Kan da Perpus Teh!!! Makanya to Teteh ke Perpus Atuh”. Cerocosku tanpa memberinya peluang untuk disela.
         Ih dengerin dulu cerita Teteh atuh, ni da hubungannya ma perpustakaan. Jadi kemarin Teteh ma Ami ke Perpus Universitas. Kan ga pernah tu, Biz masuk pintu pake KTM kan ambil kunci loker. Dengan PeDenya Teteh ma Ami masukin sepatu ke tuh loker, trus ke atas nyeker deh. Eeeee diliatin sama petugasnya, trus ngliatin yang lain masih tetep pake sepatu. Malu pisan eui….!!!Langsung ngacir dah ga jadi nglanjutin nyari buku”. Cerita Teh Lily sambil menahan ketawa.
         Wkwkwkwkwkwkw……ya ampun teh, malu-maluin banget seh, tu kan tempat tas, bukannya tempat sepatu n sandal, emangnya di masjid Baiturrahman Semarang atau Istiqlal Jakarta yang pada naruh sepatu n sandal di loker biar aman. Aya aya wae Teteh mah, Gokil abiz”. Balasku sambil tertawa terpingkal-pingkal.
         Kejadian itu sempat bikin kedua temenku malu dan kapok ke perpus Universitas lagi. Tapi setelah itu mereka jadi rajin berkunjung ke berbagai perpustakaan sehingga semakin familiar dengan satu tempat itu. Bahkan berkunjung pula ke perpustakaan Magister yang aku sendiri tak pernah injakkan kaki n tak ingat sama sekali klo ada. Tak terelakkan lagi, Si Ami lulus cepat dengan predikat cumlaude dan hanya menempuh 3,5 Tahun masa studi. Kemudian Teh Lily dapat ngejar aku bahkan mendahuluiku dengan masa studi 3,8 Tahun, gara-gara dia lebih sering ke perpustakaan dan menemukan banyak buku dan bahan skripsi.
         Sedangkan aku harus menelan nasib sendiri, gara-gara 3 bulan tak lagi menginjakkan kaki ke perpustakaan. Setelah ku tekuni lagi dan hampir di ambang pintu terselesaikannya skripsi, ada satu penelitian yang harus ku dapatkan untuk mendukung skripsiku. Di perpus kampus ga ada, Perpusda Jateng apa lagi, hampir putus asa rasanya.
         Pencerahan pun datang, ku coba datang ke perpus pusat Perguruan Tinggi Negeri lain di Semarang. Hatiku bersorak, “Akhirnya ketemu juga, Alhamdulillah!!!!”
Wah gara-gara perpus skripsiku dan teman-teman selesai dan dapat lulus tepat waktu. Memang perpus adalah sahabat setia yang tak dapat berkata-kata tetapi dapat membuka cakrawala dunia.
Pengunjung Perpustakaan Tinggal di Jl. Cendrawasih 27 RT 2 RW 1 Karangjati, Ungaran - Alumnus Sastra Indonesia UNDIP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar