Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Sabtu, 18 Desember 2010

Dinamika Perpustakaan, Pustakawan dan Pemustaka


Dinamika Perpustakaan, Pustakawan dan Pemustaka
*oleh: Arni Cahyanti

Buku merupakan benda yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita. Hampir setiap hari kita selalu berinteraksi, pagi, siang, sore, malam, bahkan setiap menit kita bertemu dengan benda yang namanya “buku” walaupun cuman sekedar melihat.
Dari buku, kita bisa mencari, mengetahui setiap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, bencana, penemuan-penemuan, penelitian-penelitian penting yang setiap harinya secara terus menerus mengalami perkembangan.
Di dalam perpustakaan terdapat berbagai macam koleksi bahan pustaka. Kita dapat menggali berbagai ilmu pengetahuan melalui keragaman buku yang tersusun rapi dalam rak buku di perpustakaan. Perpustakaan merupakan media pembelajaran yang sangat cocok untuk semua kalangan masyarakat mulai dari anak usia TK, SD, SMP, SMA Mahasiswa sampai orang dewasa bahkan orang tua.
Sudah seharusnya pengguna perpustakaan tidak hanya menggunakan perpustakaan sebagai tempat untuk “memenuhi tugas sekolah/ kuliah” tetapi lebih sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia. Sayangnya sekarang ini di dalam pikiran kita pada umumnya kurang menyadari pentingnya perpustakaan dalam kehidupan kita.
Ada beberapa orang yang tidak mau pergi ke perpustakaan karena alasan “tidak mengerti prosedur serta takut dalam menggunakan fasilitas dan layanan perpustakaan”. Sungguh memprihatinkan anggapan orang tersebut, yang tentu saja salah besar.
Karena di perpustakaan ada petugas/ pustakawan yang selalu bisa membantu kita dalam mencari koleksi bahan pustaka dan menjawab berbagai pertanyaan informasi yang kita butuhkan.
 Pustakawan akan sangat dan senang dan bangga sekali ketika ada seorang pengguna/ pemustaka bertanya mengenai koleksi, pelayanan, bahkan perkembangan perpustakaan dan pustakawan bisa mencari serta menemukannya.
Pelayanan yang diberikan kepada pemustaka adalah yang terbaik dan selengkap mungkin. Apabila masih terdapat kekurangan dan kesulitan dalam pencarian informasi melalui koleksi di perpustakaan, masih ada internet. Perpustakaan pada umumnya sekarang sudah menyediakan layanan ini secara cuma-cuma, kalaupun membayar pastilah masih dalam jangkauan kita, karena pada dasarnya perpustakaan bukan lembaga profit oriented. Melalui teknologi informasi jaringan internet, kita bisa mendapat segudang informasi hanya dengan satu kali klik, dan akan muncul berbagai macam informasi melalui keyword yang kita gunakan. Kemunculan teknologi jaringan dan internet memberikan kemudahan dan kecepatan dalam segala bentuk pencarian yang kita inginkan.
1)      Pustakawan sebagai sumber daya manusia yang utama dalam pengelolaan perpustakaan. Selalu dituntut untuk bisa menjadi intermediary, (Visi Pustaka Perpusnas) yaitu seseorang yang memiliki kemampuan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta menetapkan sumber-sumber mana saja yang bisa digunakan dalam pencarian informasi.
Peran pustakawan ini sangat penting dalam sebuah satuan kerja perpustakaan sehingga harus tercipta komunikasi dan kerjasama antara pemustaka dengan pustakawan, serta koordinasi yang baik dengan penentu kebijakan institusi yang menaungi perpustakaan tersebut. Dengan hubungan yang baik, semua pihak yang berkepentingan, niscaya fungsi perpustakaan akan terwujud. Fungsi pendidikan, informasi, penelitian, pelestarian dan rekreasi benar-benar maksimal.
Mulai sekarang pernah lagi beranggapan bahwa perpustakaan itu sebuah ruangan yang kecil, gelap, sepi dan membosankan. Anggaplah perpustakaan sebagai suatu tempat dimana kita bisa melakukan segala sesuatu yang sangat berguna untuk diri kita sendiri dan orang-orang terdekat kita nantinya. Jangan pernah takut lagi untuk datang ke perpustakaan mencari informasi apa yang kita inginkan. Masuklah ke perpustakaan untuk menjadi seorang pribadi “berinformasi baru” demi kemajuan pendidikan kita. Mari budayakan membaca sejak dini…
*/Mahasiswa D3 perpustakaan & Informasi FIB Undip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar