Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Sabtu, 18 Desember 2010

TAMAAN BACAAN ”ALFABET”


Liputan : 

TAMAAN BACAAN ”ALFABET”

Jadi tahu, Jadi bisa, Untuk mau, Jadi biasa dan Untuk ikhlas

Motto dari Taman Bacaan Alfabet, yang menggugah rasa penasaran kita, apa sesungguhnya yang dimiliki Taman Bacaan Alfabet. Mari kita buktikan…
“Taman Bacaan Alfabet, sesungguhnya merupakan Lembaga Pendidikan Non Formal yang memberi pelayanan pendidikan untuk masyarakat,tidak terikat ukuran, bentuk, status dan karakter, kami berusaha memfasilitasi mereka Ilmu dan Pengetahuan”, ungkap Balad Ajiejos pendiri sekaligus Pengelola Taman Bacaan Alfabet. Sejarah. Taman Bacaan Alfabet juga melalui berbagai fase dan proses perkembangan, “Berawal dari sebuah ide yang  muncul diakhir tahun 2007, dilanjutkan dengan segala perjuangan tak kenal menyerah mengumpulkan berbagai sarana prasarana, akhirnya tepat pada 11 Januari 2008. berdirilah sebuah Taman Bacaan Alfabet” urai Balad Ajiejos. Seorang mantan mahasiswa grafika, yang kemudian melanjutkan perkuliahan di jurusan Bimbingan Konseling, background pendidikan tersebut yang mengilhami balad untuk merintis Taman Bacaan Alfabet. keprihatinan terhadap kesadaran untuk memiliki pendidikan yang rendah di masyarakat dan kurangnya pemanfaatan ilmu pengetahuan menjadi visi Balad Ajiejos dalam mengembangkan Taman Bacaan Alfabet ini.
Pernah dengan nama Taman Bacaan Anak Cerdas Indonesia, sebelum berganti nama “Taman Bacaan Alfabet”. “Adapun berbagai motivasi pendirian Taman Bacaan Alfabet, membagi pengetahuan, menyediakan sarana-prasarana belajar buat anak, membentuk karakter calon penerus bangsa yang memegang prinsip dan moral etika”, jelas Mas Balad. Bersama pengelola Taman Bacaan Alfabet, Balad Ajiejos (29 Th), Suparjiyanto (22 th), Marlina Septiani (19 Th), Genta Mediana (18 Th), bahu membahu menghidupkan denyut nadi Taman Bacaan Alfabet. Kegiatan yang ada di Taman Bacaan Alfabet selain membaca dan meminjam buku gratis ada juga seabrek kegiatan menarik lain, pada intinya ingin membentuk karakter dan kepribadian anak agar tangguh, kreatif dan mampu menghadapi kemajuan zaman. seperti:
Reading Outside, membaca bersama diluar, agar tercipta suasana baru, yang tidak membosanksan serta minat membaca akan semakin tinggi, kadang kadang diadakan acara di tempat-tempat terbuka disekitar Taman Bacaan alphabet berada. Acara baca bersama tersebut disertai dengan diskusi. Diskusi menyangkut segala macam pengetahuan ataupun informasi yang ingin anak- anak mengerti.
Wisata Pendidikan, studi tur. Taman Bacaan Alfabet, setiap masa liburan sekolah mengadakan kegiatan berkunjung ke museum/ tempat bersejarah lainnya, kebun binatang dan lain-lain. Bertujuan untuk mengenalkan Budaya, sejarah Indonesia, alam dan makhluk hidup secara nyata untuk anak-anak.
Pelatihan Komputer, kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat sekitar Taman Bacaan Alfabet dari segala lapisan, materi-materi yang diajarkan antara lain; mengetik 10 jari, pengenalan dasar komputer, pengenalan internet, Microsoft office, membuat animasi gift, dan masih banyak lagi. Kegiatan pelatihan ini diadakan setiap hari sabtu jam 15.00 - selesai pada minggu pertama di tiap bulannya.
Seminar, yang diselenggarakan oleh Taman Bacaan Alfabet ini merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. Seminar tentang pemasaran suatu produk, pembicara berasal dari pakar bidang pemasaran. Sementara seminar pendidikan tentu saja dihadiri oleh para ahli pendidikan.  Sedangkan peserta bebas berasal dari masyarakat umum. Di dalam seminar tersebut peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.
Konsultasi, atau yang akrab kami sebut parenting, yaitu konsultasi orang tua serta ada juga pemberian konseling kepada anak / siswa, terutama anggota Taman Bacaan Alfabet yang memiliki hambatan dalam belajar sebagai usaha untuk memahami dan menetapkan jenis dan sifat kesulitan belajar. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar serta cara menetapkan dan kemungkinan mengatasinya, baik secara kuratif penyembuhan maupun secara preventif pencegahan berdasarkan data dan informasi yang seobyektif mungkin. Layanan Bimbingan Konsultasi ini Gratis.
Bimbingan Belajar Gratis, layanan yang diadakan setiap hari minggu pada jam 9-12, bisanya sering dimanfaatkan anak – anak untuk belajar bersama-sama. Selain bimbingan pelajaran sekolah, alfabet juga menyelenggarakan bimbel baca tulis anak usia dini dan Lansia setiap sore hari.
Buletin ”Catatan Alfabet”, diterbitkan oleh Taman Bacaan Alfabet, sebagai wadah ekspresi anak-anak serta media promosi kegiatan Taman Bacaan Alfabet. Para pengisi tulisan juga merupakan anak-anak komunitas Taman Bacaan Alfabet Sendiri.

 Layanan Taman Bacaan Alfabet dibuka tiap hari, fleksibel. dengan aturan - aturan yang tidak memberatkan, seperti; Baca di tempat Gratis, Bersikap Sopan tidak berisik, Ikut Menjaga Kebersihan dan Memelihara buku koleksi. Taman Bacaan Alfabet dilengkapi dengan “sepeda cerdas” yang digunakan untuk mendukung mobilitas pengelola Taman Bacaan Alfabet,  merupakan bantuan dari seorang donatur.

Kendala kendala yang dihadapi, selama perjalanan semenjak berdiri, adalah kurangnya perhatian dari pemerintah. “Kami memang sering mendapatkan bantuan berupa buku dari berbagai pihat, donatur swasta, pribadi maupun instansi pemerintah. Akan tetapi untuk kelangsungan hidup Alfabet kami memerlukan juga sokongan nafas berupa dana untuk untuk operasional, pada akkhirnya kami tetap berusaha melakukan usaha menutupi biaya tersebut dengan cara mengadakan berbagai macam kegiatan yang pada akhirnya bisa membiayai keberlangsungan Taman Bacaan Alfabet,“ Jelas Balad. Taman Bacaan Alfabet juga menyelenggarakan Bimbel yang sifatnya membayar, akan tetapi bukan keuntungan pribadi yang di prioritaskan, akan tetapi, keuntungan kegiatan tersebut untuk menghidupi Taman Bacaan Alfabet. Harapan - harapan masa depan untuk Taman Bacaan Alfabet, “Adanya perhatian dari pemerintah, yang nantinya bisa kami anggap sebagai “orangtua kandung", sementara swasta orang tua angkat saja” kata Balad. Di akhir wawancara, Balad menegaskan  bahwa: “ Kami siap bekerjasama dan berafiliasi kepada Organisasi/ Kelompok lain yang memiliki kesadaran untuk membangun pendidikan di Indonesia”.
Untuk korespondensi dengan pengelola Taman Bacaan Alfabet, dapat menghubungi pengelola dengan alamat Jl Grogol No.12 Rt.01/02 No.12 Kelurahan Grogol Kecamatan Limo Depok 16512, Telepon: Telp 0857 80314448, email : alfabetmail@yahoo.co.id, Facebook : Taman Bacaan Alfabet, weBlog : http://alfabet.co.nr/.(Bambang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar