Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Sabtu, 18 Desember 2010

MENGGUGAH (LAGI) MINAT BACA MASYARAKAT


 Tajuk Rencana

MENGGUGAH (LAGI) MINAT BACA MASYARAKAT

Nampaknya upaya untuk menggugah minat baca masyarakat terutama generasi muda dan pelajar  harus terus dilakukan. Apapun dan bagaimanapun caranya, para pegiat pustaka perlu bekerja spartan agar semakin banyak diantara mereka yang memiliki hobi baru yakni membaca.
Kiat menyelenggarakan pameran buku yang dikemas dalam acara yang menarik dan terpadu sebenarnya layak untuk mendapat kredit nilai tersendiri. Bagaimana tidak, masyarakat terutama generasi muda tentu saja tidak akan mau datang dalam sebuah acara yang monoton dan tanpa greget. Mengemas sebuah kampanye baca buku dalam balutan pergelaran acara yang menghibur tentu saja bukanlah sebuah dosa.
Menyandingkan pameran buku dengan berbagai lomba seperti menggambar bagi siswa TK dan SD atau menulis artikel bagi siswa sekolah menengah akan lebih sangkil untuk merangkul mereka kenal dengan buku. Atau juga menggelar lomba band maupun temu penulis buku dan penggemar, pastilah akan menarik kaum muda dan pelajar untuk datang ke bursa pustaka lalu berkenalan dengan buku!
Pola penyelenggaraan kampanye gemar membaca yang dirangkai dengan berbagai atraksi dan acara menarik lainnya tampaknya akan lebih berhasil. Psikologis anak muda yang masih suka dengan canda dan keriangan tentu mudah tergugah jika ada atraksi yang sesuai selera mereka. Menjadi penting untuk, pada titik tertentu, mengajak mereka mau berkunjung ke sebuah acara gelar pustaka. Meski belum tentu mereka bertransaksi, setidaknya mereka mengenal ada banyak buku dengan berbagai thema yang digelar.   
Disesela acara hiburan, tak perlu segan menyisipkan pesan dan ajakan untuk terus dan terus gemar membaca. Tanamkan pengertian bahwa membaca, lewat berbagai sarana baik buku konvensional maupun elektronik, selalu membawa tambahan pengetahuan.
Jadi, diperlukan berbagai kreasi dan inovasi untuk menggugah minat baca segenap komponen masyarakat. Esensinya adalah bagaimana minat baca masyarakat dapat meningkat. Sedangkan kemasan kampanye dan promosi untuk mencapai tujuan itu bisa beragam bentuk dan coraknya. Bukankah ada sebuah peribahasa usang yang masih bisa dipajang, banyak jalan menuju ke Roma?(*/junaedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar