Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Senin, 21 Mei 2012

Perpustakaan GRIYA PASINAON


Perpustakaan GRIYA PASINAON

Berawal dari niat baik dan pemikiran para aktifis di Karang Taruna Desa, tercetuslah ide membuat kelompok belajar bagi anak anak sekolah, dimulai dengan ijin pemakaian Gedung PKK yang berada di kompleks perkantoran Desa Pagersari,“ jelas Taufik Pengelola Perpustakaan Desa Pagersari.
Griya Pasinaon secara resmi berdiri pada tanggal 15 Februari 2009 dan secara filosofi berarti “Rumah Belajar” yang dari awal memang memiliki tujuan sebagai tempat belajar. Sejak saat itu pula keberadaan Griya Pasinaon mendapat dukungan dari Kepala Desa, dengan dikeluarkannya Keputusan Kepala Desa Pagersari No. 141/007/2010.
Para pengelola Perpustakaan melibatkan berbagai unsur, antara lain Karang Taruna Desa, PKK dan Pamong Desa. Lokasi Griya Pasinaon yang cukup strategis, berdekatan dengan sekolah, Puskesmas juga berada satu komplek sengan Kantor Kepala Desa Pagersari cukup menjadikan Perpustakaan Griya Pasinaon menjadi “jujugan” masyarakat, terlebih anak-anak sepulang sekolah.
Pak Kades, dan segenap perangkat juga memeberikan apresiasi positif atas keberadaan perpustakaan Griya Pasinaon ini. “Griya Pasinaon sudah memberikan sumbangsinh bagi kemajuan Desa Pagersari secara umum, kami juga sudah mengupayakan pemberian anggaran melalui APBDes bagi kelangsungan hidup Perpustakaan”, ungkap Bapak Kades.
Jam Buka Perpustakaan Griya Pasinaon menyesuaikan waktu dari Para Pengelola yang secara bergantian piket layanan perpustakaan. Senin – Kamis dengan petugas dari Pamong Desa, perpustakaan dibuka Jam 11 sampai dengan jam 1 siang. Sedangkan hari Sabtu pada pukul 16.00 – 18.00 dengan jadwal Jaga petugas yang berprofesi sebagai pendidik. Hari Sabtu juga bersamaan dilaksanakan kegiatan Bimbingan Belajar. Sementara hari Minggu yang menjadi petugas layanan, Ibu Sukma Maria yang merupakan anggota PKK dan juga pendidik. Khusus hari Minggu Perpustakaan Griya Pasinaon buka dari Jam 09.00 – 12.00.
Dengan jumlah koleksi ± 1700 eksemplar, Griya Pasinaon selalu berusaha menciptakan peluang bantuan dari pihak lain. Para pengelola selain ”door to door” ke rumah warga meminta sumbangan buku bekas layak baca juga rajing mengirimkan proposal. ”Sekitar tahun 2009, kami pernah mendapatkan bantuan dari Coca Cola melalui CSR nya, buku, meja dan layanan ecomobile”, jelas Sukma Maria sang Ketua Pengelola Perpusdes Griya Pasinaon.
“Untuk mengatasi kekurangan koleksi, kami semenjak berdiri juga sudah bekerja sama dengan Kantor Perpusda melalui layanan perpustakaan keliling. Yang secara rutin tiap bulan sekali meminjami  30 eksemplar buku”, tambah Maria.
Al Quran Braille di Griya Pasinaon
Yang menjadi istimewa di Perpustakaan Griya Pasinaon adalah Koleksi Al Quran Braille. “Kami mendapatkan hadiah dari seseorang yang tidak mau disebutkan namanya, yang penting bisa dimanfaatkan di perpustakaan”, jelas Taufik Hidayat, salah satu pengelola perpustakaan Griya Pasinaon yang ditemu Buletin Pustaka.
Berbagai macam layanan yang ada di perpustakaan Griya Pasinaon antara lain :
-                Layanan Membaca
-                Layanan Peminjaman dan Referensi
-                Layanan Story Telling/Mendongeng
-                Layanan Pemutaran Film
-                Wisata Buku
-                Layanan Khusus ( Membaca bagi Tuna Netra)
Juga layanan pendukung yang Perpustakaan Desa Griya Pasinaon fasilitasi dengan tujuan menjadikan Griya Pasinaon menjadi tempat belajar yang nyaman bagi masyarakat,  berupa :
-                Pelatihan lifeskill bagi Ibu PKK, Praktek Membaca Buku Kesejahteraan dan Keterampilan dengan hasil makanan Ringan dan berbagai kerajinan)
-                Wisata Buku untuk anak-anak sekolah, bekerjasama dengan sekolah yang beradaa di sekitar perpustakaan
-                Layanan Baca dalam berbagai pertemuan warga (kelompok tani, Karang Taruna, Posyandu, PKK dan lan-lain)
-                Pelatihan Komputer dan Internet
-                Handycraft  (jasa pembuatan mahar pernikahan)
-                Layanan Perpustakaan Keliling Kerjasama dengan Perpusda Kab. Semarang
-                Layanan Penyuluhan Perternakan kerjasama dengan KTT Ayam Buras SEMI MULYO & Dinas Pertanian Kab. Semarang ; pupuk kompos.
-                Kejar Paket B bekerjasama dengan UPTD Bergas
-                Kelompok-kelompok belajar siswa SD untuk mempersiapkan siswa menghadapi UAS
-                Outbond anak-anak kerjasama dengan Karang Taruna, misalnya Napak Tilas dan Pendakian.
-                Lomba mewarnai, membuat pusi dan story telling kerjasama dengan KKN dan Perpusda
-                Serta aktif dalam Paguyuban Pengelola Perpustakaan Desa (P3D)
Dalam 2 tahun terakhir ini Perpustakaan Griya Pasinaon juga dijadikan sebagai tempat untuk Kegiatan Kejar Paket B. Mimpi kami adalah Griya Pasinaon menjadi jembatan masyarakat untuk gemar membaca dan menjadi ujung tombak gerakan mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat”, urai Taufik mengakhiri wawancara dengan Buletin Pustaka.
Untuk korespondensi maupun segala bentuk bantuan yang tidak mengikat bisa menghubungi Perpustakaan Griya Pasinaon di Komplek Kantor Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, No  Telp.: 0246926632, 085641311386, 085640852375.  Sementara untuk surat elektronik / email di : griyapasinaon@yahoo.co.id . Perpustakaan Griya Pasinaon juga aktif di jejaring social face book, http://www.facebook.com/profile.php?id=100003443035909 (BM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar