Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Senin, 21 Mei 2012

POSYANDU BERSANDING DENGAN PERPUSTAKAAN KEILING? : Kenapa Tidak…


POSYANDU BERSANDING
DENGAN PERPUSTAKAAN KEILING?
Kenapa Tidak…
(Perpustakaan Desa Kalikurmo Kec. Bringin)

POSYANDU BERSANDING
DENGAN PERPUSTAKAAN KEILING
 Pagi itu terlihat berbeda, tepatnya hari Jumat tanggal 20 Januari 2012 di komplek PAUD Farros Sophia. Biasanya hanya riuh suara ana-anak PAUD yang sedang belajar. Namun kali ini berbeda. Masyarakat tumplek blek disini, karena terprovokasi kegiatan integrasi yang diadakan para pegiat perpustakaan desa.
Selain kegiatan belajar PAUD, ada Posyandu, BKB, Pelayanan Perpustakaan Keliling, Story Telling, Baca Buku Bersama dan tidak ketinggalan Posyandu ‘lansia’.
Kegiatan Integrasi ini dimulai tepat pada jam 9, seusai kegiatan belajar PAUD. Dwi Lestiono dari Perangkat Desa Kalikurmo sekaligus penggagas acara ini mengungkapkan,”Kegiatan ini untuk bertujuan memberikan wawasan luas kepada masyarakat tentang pentingnya membaca, dengan kegiatan terpadu ini diharapkan masyaralat tahu keberdaan perpustakaan di desa kami.”.
Kehadiran mobil Layanan Perpustakaan Keliling serta Tim Story Telling dari Perpustakaan Kabupaten Semarang sangat membantu dalam kami mempromosikan perpustakaan desa kami ini”, tambah Bapak Carik Desa Kalikurmo.
Kalikurmo: story Telling
 Story Telling atau bercerita kepada para siswa, oleh ibu  Zulaekah dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang juga diselipkan game bagi anak-anak; siapa berani bercerita, menyanyi dan berkespresi lainnya kemudian mendapat bingkisan menarik. “Story Teling akan menjadikan anak-anak penasaran terhadap bukunya, kemudian akan membaca sendiri nantinya”, ungkap Ibu Zul.
Mobil perpustakaan keliling yang dibuka selama kegiatan ini, juga dimanfaatkan oleh para ibu yang mengantar anak belajar di PAUD. Seperti ibu Indah misalnya, “Sebenarnya saya jarang membaca, tapi penasaran juga ketika ada perpustakaan keliling, ketika saya lihat-lihat buku, eh ada buku yang menarik bagi saya. Saya harap tidak hanya kali ini saja mobil perpusling kesini, karena ternyata sangat menarik dan banyak bukunya.” Ungkap Ibu Indah sambil menunjukkan buku berjudul “Jilbab Modis” kepada BP.
Tidak ketinggalan, Ibu-Ibu yang sedang menimbang anak pun ikut nimbrung  mencari buku, “Saya malah menemukan buku resep bubur bagi balita. Ini yang saya butuhkan”, kata ibu itu. Untuk mengapreasi keinginan membaca, Pelayanan Perpustakaan Keliling ini juga meminjamkan buku kepada masyarakat melalui koordinir Petugas perpustakaan Desa Kalikurmo.
Perpusdes Kalikurmo: Perpusling
Kepada Para Ibu-Ibu yang ingin pinjam buku, pilih saja buku yang ada di mobil, kemudian dicatat. Satu bulan lagi mobil ini akan kesini dan Ibu-Ibu boleh Pinjam lagi,” Ungkap Dwi Pengelola Perpustakaan Desa Kalikurmo melalui Pengeras Suara Mobil Perpustakaan. (BM)

1 komentar:

  1. Kapan bisa ke Kalikurmo lagi untuk story telling ?. Kita baru saja mengikuti penilaian BKB, seandainya bisa gabung akan bisa lebih menarik. Jadwal buka BKB tanggal 6 dan 20 setiap bulannya.

    BalasHapus