Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Selasa, 05 Februari 2013

Mantra dari kata “KutuBuku”


Mantra dari kata “KutuBuku”
Oleh: Devi Larasati

You know book?... yah masih Tanya, pasti udah pada tahu dong buku itu apa, kebangetan banget jika gak pernah tahu buku, gak tahu bentuknya juga….
Buku Cuma benda kecil namun manfaatnya berjuta-juta. Apapun jenis buku pasti memiliki manfaat sendiri-sendiri. Buku novel bisa dijadikan hiburan tersendiri. Ketika membaca novel, pembaca sering mengikuti alur cerita, terbawa suasana sehingga kadang terbayang kenangan. Novel  adalah satu jenis buku yang paling banyak dibaca. Novel bisa membuat enjoy, dan santai saat membacanya. Bagaimana jika yang kita selalu baca hanya buku pelajaran? Jawaban yang biasa kita peroleh pasti “Gausahbacalah, males…
Biasanya orang yang bukunya bersih adalah orang yang ‘fashionable’, penampilan cantik/ ganteng, rapi dan parlente. Bahkan jadi raja/ratu di sekolah, benarkan? Mereka sering nongkrong di café, jalan-jalan ke mall agar terlihat gaul. Kemudian kalau mereka lihat ada teman sekolah yang sering baca buku di perpustakaan pasti mengolok-olok, “Kutu buku kuper, ga gaul banget!”.Kasihanjuga, karena tidak menyadari pentingnya baca buku akhirnya mereka yang sebenarnya kuper. Bagaimana tidak, perkembangan infomasi pasti selalu ketinggalan,  apalagi ilmu pengetahuan pasti gagap. Memang biasanya mereka membaca, tapi baca sms, juga banyak menulis namun sayang hanya nulis di facebook dan tweeter.
Merubah cara pandang mereka membutuhkan usaha yang sangat keras (baca :susah), bagaimana tidak? Kebiasaan itu sudah terpatri di pikiran mereka. Jadi dari diri mereka sendirilah yang harus diubah terlebih dahulu, tentunya dengan lingkungan sekeliling yang kondusif. Saya mencoba memberikan tips ringan, yang siapa tahu bisa mengubah kebiasaan kalian. Satu, Saat jalan-jalan ke mall, jangan hanya melihat fashion saja, sempatkan masuk lihat-lihat juga buku. Jika sekali tidak tertarik tidak masalah, kedua kalinya jika ada yang tertarik bolehtuh buka tabungan trus beli. Namun jangan dipaksa, jika masing sayang uangnya, boleh kok baca-baca dulu buku yang menarik, sambil nunggu ditegur pelayan toko buku itu (pengalaman penulis).
Dua, jika teman-teman sekalian tidak terlalu suka main ke mall, tapi game mania. Saat main game, ketika loading pasti membutuhkan waktu yang lumayan lama. Nah, waktu yang kosong itu manfaatkan untuk mencari informasi melalui google. Tentunya yang dicari ebook. Buku elektronik lebih simple, beragam dan gratis.
Tiga, agar tidak bosan membaca buku pelajaran sebaiknya mencatat intisari dari penjelasan guru kalian, kemudian dicatat dengan rapi dan menarik, manfaat buku-buku bukan pelajaran (bacaan ringan) sebagai variasi agar kita tidak bosan. Setelah aktivitas membaca menjadi sesuatu hal yang menarik, membaca buku pelajaran menjadi take it easy.
Empat, dukungan dari orang tua sangat penting, biar anak-anak membaca sudah seharusnya orangtua memberi contoh kebiasaan membaca di rumah. Orang tua sering marah-marah, menasehati anak agar baca buku, belajar. Sementara para orang tua tidak membaca buku tapi malah nonton sinetron. Akan lebih bijak rasanya orang tua menyediakan perpustakaan kecil di rumah dengan buku-buku yang menarik, juga memberi keteladanan ketika jam belajar orang tua hendaknya jangan nonton televisi. Ikut membaca, walaupun Cuma majalah/ koran tidak masalah.
Nah, itu beberapa hal yang bisa lakukan, mudah dan sederhana kan? Namun cara mudah itu tidak akan berhasil tanpa upaya yang sungguh-sungguh. Setelah memiliki kebiasaan membacaa, wawasan menjadi semakin luas, lebih bijaksana dan berkarakter. Dan biasanya orang yang suka membaca lebih realistis, lebih tertib dan mengerti budi pekerti, peka terhadap kesusahan orang lain dan yang tidak kalah penting ikut melestarikan hasil peradaban dan budaya bangsa kita.
Do you want it? Let’s start read book and love it right now!
Juara 3 Lomba Artikel Tk. SMA/K/MA Se-Kab.Semarang dalam rangka Pameran Buku Murah Kab. Semarang Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar