Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Senin, 11 Februari 2013

Salam Redaksi.. edisi 16


 SALAM   REDAKSI

Assalu’alaikum Wr.Wb.
Rasa syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat limpahan ridhoNya kita bisa menerbitkan  Buletin Pustaka Edisi ke XVI Tahun 2012, salam jumpa dan semoga    tetap setia pada pembaca yang budiman.
Pada edisi  ini kami sampaikan hasil pameran buku murah tingkat Kabupaten Semarang yang  diselenggarakan dari tanggal 30 Oktober s/d 4 Nopember 2012,  dan Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak kegiatan dapat berjalan sukses dan lancar, dan mudah-mudahan tahun depan dapat menyelenggarakan lagi tentu dengan acara dan tema yang lebih meriah.
Tren sekarang yang sedang digandrungi kalangan pemustaka tidak hanya pada buku cetak saja tetapi   juga buku elektronik atau istilahnya E-BOOK,  hanya dengan bantuan gadget/ alat pembaca ebook, adalah jawaban bagi kita yang tidak  suka buku, alergi (alasan yang sebenarnya tidak masuk akal). Membaca ebook dengan gadget selain memperoleh informasi juga mengikuti perkembangan lifestyle. merupakan artikel menarik yang perlu pembaca cermati. Perkembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi tak luput dari perhatian pemerintah. Pasal 14 ayat 3 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, mengisyaratkan betapa pentingnya penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan layanan perpustakaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan layanan hotspot area di perpustakaan guna mengakses internet untuk memenuhi kebutuhan informasi terkini yang tidak dapat diperoleh para pemustaka melalui koleksi tercetak yang dimiliki oleh perpustakaan.
Disamping perpustakaan, bidang kearsipan saat ini juga menjadi perhatian Pemerintah . Dengan adanya Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan pada Pasal 56 mengamanatkan bahwa Lembaga Negara, Pemerintahan Daerah, Perguruan Tinggi Negeri serta BUMN dan /atau BUMD wajib membuat program arsip vital.  Ini menunjukkan komitmen pemerintah terhadap pentingnya penyelamatan arsip vital sebagai dokumen penting untuk kelangsungan aktivitas organisasi.  Penyelamatan dokumen/arsip negara yang bernilai pertanggungjawaban adalah dalam rangka pelestarian terhadap semua bentuk bencana baik dari akibat manusia maupun alam.

Nampaknya sudah menjadi tuntutan bersama bahwa bidang perpustakaan dan kearsipan menjadi bagian yang tak terpisahkan sebagai bagian dari penyedia informasi, ilmu pengetahuan dan menyelamat budaya bangsa.

Semoga semangat untuk membangun budaya membaca, menulis dan mencari ilmu tetap menggelora di hati kita, selamat membaca...

 Wassalamu’alaikum Wr.Wb.





















































































Salam Redaksi..
Salam hangat dan tetap semangat untuk semua pembaca buletin pustaka yang setia…..
Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT buletin pustaka tetap eksis sampai saat ini  terbit dengan  edisi ke 13 tahun 2012.
Sebagai informasi bagi semua pembaca bahwa mulai tahun 2012 kelembagaan Kantor Perpustakaan Daerah bergabung dengan Kantor Arsip Daerah sesuai Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 sehingga nomenklatur kelembagaannya menjadi Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah . Jelasnya Tupoksi lembaga bertambah , menjalankan fungsi perpustakaan dan fungsi kearsipan., Semoga kedua fungsi tersebut dapat kita lakukan dengan baik dan optimal dalam rangka menuju Kabupaten Semarang yang “ MATRA “
Mengawali laporan utama  edisi ini  Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah dalam waktu bersamaan sarat bantuan  : medio Maret  dua buah motor pintar dari Bank Jateng diserah terimakan oleh Kepala Bank Jateng Cabang Ungaran  kepada Kepala Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah melalui Bupati Semarang ., selang satu minggu kemudian gerobag baca dari PT Sido Muncul diserahkan langsung kepada Kepala Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah.
Layanan perpustakaan memang harus penuh dengan inovasi agar dapat menarik minat baca dan budaya baca pemustakanya. Diharapkan dengan adanya motor pintar dan gerobag baca yang merupakan salah satu media promosi dan informasi dapat .lebih mengoptimalkan budaya baca di bumi serasi ini.
Bagi para pembaca yang setia , edisi ini kami sajikan pula artikel tentang Layanan Arsip dan Aksesnya semoga dapat dipahami oleh masyarakat yang belum mengetahui fungsi layanan arsip.
Disamping itu, Perpustakaan tempat ibadah baik masjid, pondok pesantren dan tempat ibadah non muslim lainnya misalnya di Goa Maria Ambarawa sudah saatnya disosialisasikan dan mulai dikembangkan layanannya
Selamat Membaca .., Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca buletin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar