Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Selasa, 05 Februari 2013

Roadshow Perpustakaan Nasional di Kabupaten Semarang


Roadshow Perpustakaan Nasional di Kabupaten Semarang

Ambarawa, 19 Desember 2012 bertempat di aula pertemuan SMA Islam Sudirman ambarawa telah berlangsung Road show Perpustakaan Nasional, Gerakan Nasional Indonesia Membaca. Sebagai pembicara, Drs. H. Machmud Yunus anggota DPR RI Komisi X, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas, Dra. Offi Sofiana dan Ibu Nelly Rahmawati, SH.M.Hum Kepala Kantor Perpustkaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang.
Kegiatan yang diselenggarakan di Kab/kota seluruh Indonesia ini bertajuk “Membangun Karakter bangsa melalui kebiasaan membaca” ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari siswa sekolah, elemen masyarakat dan perwakilan pondok pesantren.
Bapak Yunus yang merupakan alumnus SMA islam Sudirman Ambarawa mengungkapkan bahwa, “Minat baca harus mulai ditanamkan sejak kecil, mulai dari lingkungan keluarga.” Bapak Yunus juga berniat menghibahkan koleksi bukunya sebanyak 3 almari penuh kepada Rumah Aspirasi, Patoman Ambarawa.
Senada dengan Bapak Yunus, Ibu Offi Sofiana menambahkan “Kebiasaan membaca dimulai dari keteladanan keluarga kemudian kurikulum yang mendukung minat baca di sekolah serta budaya lingkungan, semua harus bergerak bersama-sama.”
Sementara itu Ibu Nelly Rahmawati, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang menambahkan adanya berbagai fasilitas membaca di Kabupaten Semarang, Mulai dari Perpustakaan sekolah, Perpustakaan Desa, Taman Bacaan serta Perpustakaan Daerah, “Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang, selain mempunyai Layanan Perpustakaan di Ungaran, juga telah memiliki Unti Pelayanan Perpustakaan Ambarawa yaitu di samping terminal ambarawa bekas kantor kecamatan ambarawa. Juga beberapa pos baca di RSUD Ungaran, Puskesmas Banyubiru dan Kantor Kecamatan Bandungan, selain layanan mobil perpustakaan keliling serta motor pintar.” Jelas Ibu Nelly.
Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan seperti ”bagaimana memotivasi anak –anak agar suka membaca?, bagaimana dengan anak – anak yang kurang mampu tapi senang membaca agar dapat selalu membaca buku?, bagaimana agar buku yang kita baca dapat kita terapkan dan masih banyak lagi pertanyaan menarik lainnya.
Membudayakan gemar membaca? Harapan itu masih ada..!(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar