Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 13 Oktober 2011

“Perpustakaan Desa Wonokerto Kecamatan Bancak menjadi salah satu nilai plus” : Penilaian Lomba Desa ‘Bali nDeso mBangun nDeso’ Provinsi Jateng Tahun 2011

Penilaian Lomba Desa
Bali nDeso mBangun nDeso’ 
Provinsi Jateng Tahun 2011
 “Perpustakaan Desa Wonokerto Kecamatan Bancak menjadi salah satu nilai plus”

 
Jum’at (22/7) siang, kedatangan wakil Tim Penilai Lomba yang berjumlah 2 orang dalam penilaian lomba desa mendapatkan sambutan antusias dari para pengelola perpustakaan. Seperti mendapat energi baru untuk menghidupkan perpustakaan dengan memberikan yang terbaik dari perpustakaan.
Secara umum  perpustakaan ‘Cempaka’ desa Wonokerto masuk dalam unsur pendukung penilaian pada indikator Pemerintahan dan Arpus. “Penilaian berdasarkan sembilan indikator umum dan satu indikator khusus termasuk kapasitas kelembagaan pemerintah desa dan partisipasi masyarakat” kata Dra Sumirah MPd, Ketua tim penilai lomba desa berkembang Jawa Tengah tahun 2011 saat sambutan  penilaian lapangan di halaman balai desa Wonokerto.
Pertanyaan yang diakukan kepada pengelola perpustakaan seputar, Jumlah koleksi yang dimiliki, Jumlah pengunjung dan apakah sudah pernah menerima bantuan dari Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ditanyakan kepada pengelola perpustakaan .
Perpustakaan ‘Cempaka’ Desa Wonokerto yang sudah berdiri 2010 bulan Maret, saat ini memiliki koleksi sebanyak 500 eksemplar. Sementara itu Layanan peminjaman buku buka seminggu 3 kali setiap hari Senin, Kamis dan Minggu. “Perpustakaan Cempaka juga sudah bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dengan Layanan mobil perpustakaan keliling setiap satu bulan sekali untuk ‘merefresh’ buku agar masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan tidak bosan.” Kata Andi, salah satu pengelola Perpustakaan ‘Cempaka’.
Masih menurut Andi,Pengunjung 30 perhari dengan rata-rata peminjam buku 10 orang setiap bukanya’. Hal tersebut membuktikan bahwa perpustakaan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.
Bupati H Mundjirin menuturkan saat menyambut kedatangan Tim Penilai lomba, “Penilaian Desa Wonokerto sebagai salah satu desa berkembang terbaik di Jawa Tengah diharapkan dapat memotivasi desa lainnya untuk lebih maju”. Pada kesempatan itu pula, Bupati H Mundjirin menyerahkan buku bantuan kepada perpustakaan Desa Wonokerto.
Selain perpustakaan desa, dinilai juga unsur lain, seperti pos kesehatan desa,  industri kecil krupuk, bina keluarga lansia dan administrasi pemerintahan.
Informasi terakhir dalam lomba ini,. Desa Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang dinilai layak untuk menjadi percontohan desa berkembang di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penilaian administrasi awal oleh tim terpadu Pemprov Jateng, Wonokerto meraih juara ke III, menjadi salah satu dari enam desa berkembang terbaik dari ratusan desa di 29 Kabupaten se Jawa Tengah.(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar