Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Minggu, 02 Oktober 2011

PERPUSTAKAAN DESA WONOKROMO Kec. Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta


Liputan
PERPUSTAKAAN DESA WONOKROMO
Kec. Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta


Pleret.. apa yang terlintas di benak pembaca Buletin? Kalau belum tahu, Pleret merupakan kota bersejarah, dulunya merupakan ibukota kerajaan Mataram Islam. Tentunya banyak hal menarik yang masih tersimpan dan belum ditemukan di Pleret. Banyak peninggalan yang mungkin masih terpendam di Pleret. Sementara itu di Desa Wonokromo ada yang membuat kita sejenak untuk berpaling… bukan peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang berupa Candi/Prasasti/petilasan atau bangunan sejarah yang lain. Tapi Gedung Perpustakaan Desa Wonokromo Pleret Kabupaten Bantul.


Bapak Sekdes Didampingi Tokoh Desa Wonokromo
 
Bersama para peserta Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Desa Tahun 2011, yang berjumlah 30 orang, pada 14 April lalu Buletin menyambangi perpustakan desa ini. Diterima oleh para jajaran pimpinan Desa Wonokromo, kami mendapatkan sambutan yang hangat. Dialog ringan, bersahabat namun sangat bermanfaat terjadi saat acara ramah tamah. Dengan gamblang, Bapak Riyanto Sekretaris Desa Wonokromo, mewakili Bapak Kades yang sedang berhalangan, beliau menjelaskan dengan penuh semangat dan bangga untuk membagi pengalaman dalam mengembangkan dan mengawal kehidupan perpustakaan Desa Wonokromo ini .

 
Berdiri sejak tahun 2003 tepatnya pada tanggal 1 September, dengan rintisan dari tokoh masyarakat dan difasilitasi sepenuhnya oleh pihak pemerintah desa. Mulai saat itu Perpustakaan Wonokromo bergeliat memberikan ilmu pada masyarakat. “Ketika perpustakaan mulai berkembang, pada 2006 yang lalu Gedung Perpustakaan Desa kami ikut terkena efek gempa, perpustakaan yang kami bangun waktu itu hancur”, Jelas Bapak Sekdes. “Tapi kami tak patah arang, sedikit demi sedikit, perpustakaan kami benahi, karena kami menyadari sepenuhnya kegunaan bagi masyarakat desa kami,” lanjut Bapak Riyanto. “Terwujudnya perpustakaan desa sebagai pelayan masyarakat dalam mendukung terciptanya masyarakat yang berpengetahuan, adalah visi dari Perpustakaan Desa Wonokromo,” Jelas Bapak Riyanto.
Pemerintah Desa mendukung sepenuhnya pengelolaan dan pengembangan perpustakaan desa, hal itu dibuktikan dengan support dalam bentuk dana sebesar Rp. 4.000.000,- pertahun  yang diambil dari Dana Alokasi Desa.Selain dukungan langsung ke perpustakaan melalui DAUD, cara kami yang lain untuk menghidupkan perpustakaan adalah dengan mengangkat pengelola utama perpustakaan menjadi perangkat desa kami,” urai Bapak Riyanto. Seperti yang diceritakan oleh Bapak Riyanto atas kesepakatan di musyawarah desa dengan ditetapkan melalui kebijakan desa. Pengelola Perpustakaan diangkat menjadi perangkat desa, dengan jam kerja pagi di kantor desa (jam 7 – 9) kemudian siang harinya bertugas di Perpustakaan.
Dalam acara penyambutan peserta kunjungan ini, juga diadakan sesi tanya jawab, antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan, terutama keingintahuan peserta mengenai proses awal berdirinya, kendala serta bagaimana mengatasi hambatan yang dihadapi. Ada juga peserta yang bertanya mengenai cara untuk tetap bersemangat dalam mengelola perpustakaan ditengah berbagai kesulitan yang dihadapi. Karena rasa penasaran, ada juga peserta kunjungan yang usul untuk secepatnya meninjau secara langsung aktifitas, dan keadaan perpustakaan Desa Wonokromo.

 
Perpustakaan Desa Wonokromo berada di Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Letak Perpustakaan Desa Wonokromo sangat strategis, berada di perempatan jalan, diseberangjalan berhadapan dengan MAN Wonokromo, 100 meter dari Kantor Desa Wonokromo, dan Bersebelahan dengan Pasar Jejeran Wonokromo.
Perpustakaan Desa Wonokromo buka dari jam 08.00 sampai dengan jam 13.00 WIB setiap hari Senin – Jumat. Karena tempat yang strategis pula, pengunjung Perpustakaan Desa mudah untuk mengakses ke Perpustakaan. Bahkan menurut pengelola perpustakaan. Ibu Siti Fathonah “ Perpustakaan Desa Wonokromo selalu menjadi “jujugan’ siswa setelah pulang sekolah. Masih menurut Ibu Siti Fathonah jumlah rata-rata Pengunjung perhari mencapai 30an orang.
Koleksi yang dimiliki Perpustakaan Desa Wonokromo sampai awal 2011 ini tidak kurang dari 5000 eksemplar, yang terdiri dari buku, majalah, Koran dan audio visual. Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Desa Wonokromo rutin tiap tahun dengan pembelian, selain itu ada juga dari sumbangan masyarakat. “Kami juga memperoleh bantuan dari Kedaulatan Rakyat Langganan Gratis berupa surat kabar yang ditempel di papan baca, yang terletak di depan gedung perpustakaan, yang juga berasal dari bantuan dari surat kabar tersebut,” jelas Ibu Siti Fathonah.
Untuk mengenalkan perpustakaan kepada warga masyarakat, Perpustakaan Desa Wonokromo memiliki kader dari dusun-dusun yang ada di Desa Wonokromo (17 dusun), sebagai sukarelawan perpustakaan, yang selalu siap apabila perpustakaan membutuhkan tenaga. Selain itu juga dilakukan sosialisasi perpustakaan pada saat pertemuan di kegiatan kelompok masyarakat.
Peserta Kunjungan mencoba menggali informasi mendalam
 
Berkat bantuan dari Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul, Perpustakaan Desa Wonokromo memiliki layanan perpustakaan keliling. Layanan ini menggunakan motor pintar yang merupakan pinjaman dari Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul, selain meminjamkan motor, perbulan juga meberikan subsidi BBM untuk mobilitas Motor pintar. Sementara ini, motor pintar hanya mendatangi posyandu - posyandu di 12 dusun, dikarenakan keterbatasan koleksi buku.
”Saat meninjam, pengunjung tidak dikenai biaya, hanya pada saat pendaftaran calon anggota perpustakan membayar RP. 2.000,- ,serta Rp.100,- apabila terlambat mengembalikan buku pinjaman. Lama peminjaman 7 hari dan dapat diperpanjang sampai dengan 2 minggu. Biaya yang timbul tersebut sematamata bukan tujuan profit bagi perpustakaan, hanya sebagai efek/sugesti untuk kebaikan perpustakaan, dengan rasa disiplin dari pengunjung. Juga bermanfaat untuk menambah serta merawat koleksi, “urai Ibu Siti Fathonah.
Apabila tertarik dan berniat berkunjung atau hanya sekedar berkorespondensi dengan Perpustakaan Desa “Wonokromo” dengan alamat, Jl. Imogiri Timur Km.8 Wonokromo Pleret Kabupaten Bantul. Telepon 0856 4368 2321. (\*Bambang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar