Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Selasa, 10 Mei 2011

PIKNIK KE PERPUSTAKAAN? WHY NOT?

PIKNIK KE PERPUSTAKAAN? WHY NOT?
Betty W. Kusuma٭

Apa yang terlintas di benak kita kalau mendengar kata piknik? Pastinya ada tempat wisata, entah itu pantai, pegunungan, wahana-wahana hiburan dan refreshing. Piknik adalah sesuatu yang menurut hampir semua orang merupakan kegiatan yang menyenangkan.
Dan apa yang terlintas di benak kita kalau mendengar kata perpustakaan? Ada buku, meja kursi, hening, rak-rak tinggi dan orang-orang yang gemar membaca. Orang yang menganggap perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan mungkin tidak sebanyak orang yang menganggap piknik itu menyenangkan.
Lantas bagaimana jika kedua kata yang sangat berlainan itu digabung menjadi satu yaitu piknik ke perpustakaan? Mungkin banyak orang yang skeptis mendengarkan. Tapi pada dasarnya piknik memang bisa dilakukan di perpustakaan. Di perpustakaan kita bisa mendapat banyak hiburan dengan membaca buku-buku bertema ringan seperti novel atau buku kumpulan cerpen. Kita juga dapat menambah pengalaman dengan membaca ensiklopedi atau kamus. Bahkan kita dapat “mengunjungi” tempat-tempat yang jauh hanya dengan membaca, tanpa harus mengeluaran biaya.
Dengan sering-sering mengunjungi perpustakaan, pikiran kita akan selalu terbuka sehingga banyak ilmu pengetahuan yang masuk ke otak kita. Jadikan perpustakaan sebagai tempat yang wajib kita kunjungi secara berkala sehingga akan selalu ada pelajaran dan pengalaman baru yang kita dapatkan.
Yang sering mengadakan piknik adalah sekolah-sekolah. Sedangkan piknik dalam arti harafiah tidak mungkin dilakukan sesering mungkin karena membutuhkan banyak persiapan dan biaya. Jadi kenapa guru tidak menganjurkan para siswanya untuk sering-sering piknik ke perpustakaan saja? Lebih murah dan banyak manfaat yang kita dapatkan dengan menjadi pengunjung perpustakaan.
Para guru bisa saja mewajibkan siswa-siswa untuk membaca buku tertentu dan membuat ringkasannya kemudian mereka mempresentasikan didepan kelas. Dengan begitu akan terjadi sharing ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi proses belajar mengajar. Para siswa pun dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.
Jadi, piknik ke perpustakaan? Why not??
٭pemerhati perpustakaan tinggal di Jl. Mangga 149 RT 05 RW I Jambu, Kab. Semarang 50663

2 komentar: