Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 26 Januari 2012

Mira, Mencintai Buku dengan Caranya…

Mira, Mencintai Buku dengan Caranya…


Ika Miranti, seorang guru Bahasa Inggris yang masih muda ini, ‘kepergok’ BULETIN PUSTAKA menyumbang buku, setelah ketigakalinya.
Kebiasaan membaca sejak kecil menjadikan koleksi dirumahnya segunung. Koleksinya pun terbilang bermutu, selain buku pengetahuan umum yang mendukung perkerjaan, Mira, juga lengkap mengoleksi seri berbagai novel best seller macam Twilight, Narnia, Harry Potter dan banyak lagi.
Mira, yang bercita-cita memiliki perpustakaan pribadi, tapi berguna bagi masyarakat, sempat menyusun rencana untuk mendirikan perpustakaan idamannya. Akan tetapi, kesibukan serta belum adanya ruangan membuat Mira berpikir lain. “Dari pada buku-buku terbungkus di dos dan tersimpan di gudang lebih baik bila di perpustakaan, pasti bisa dibaca orang lain”, terang Mira saat memperlihatkan betapa banyaknya buku yang dimilikinya. Seperti yang diceritakan, banyak pula koleksi Mira yang dibagi-bagikan ke familly dan tetangga sekitar. Mira yang tinggal di Perum Kutilang Sari ini juga mengungkapkan bahwa, “Banyak tetangga sekitar yang sering ikut membaca buku koleksi di rumah”.
Kecintaan Mira terhadap bacaan tercermin dari rapinya penyimpanan buku, bahkan koleksi majalahpun Mira jilid. “Selain lebih rapi, jika tidak dijilid sering hilang”, jelas Mira.
Bapak Drs. Tri Wijayanto, dari Bagian Akuisisi dan Pengolahan Buku yang menerima bantuan buku menuturkan, “ Mbak Mira ini sudah sering mendonasikan buku, bahkan ini yang ketiga kalinya, kami sangat mengapresiasi kepedulian Mbak Mira terhadap perpustakaan. Karena seperti yang umum terjadi, perpustakaan kamipun sangat kekurangan buku, belum perpustakaan Desa yang kami bina. Dengan sumbangan buku ini sedikit banyak akan membantu memasyarakatkan budaya baca ke masyarakat”.
Sikap yang perlu dicontoh, di luar kebanyakan generasi muda yang serba instan, masih ada secercah harapan. Semoga masih ada generasi muda yang lain….. kami tunggu.(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar