Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 26 Januari 2012

Pos Baca Bandungan : Tahun Melayani Masyarakat

Pos Baca Bandungan : 3 Tahun Melayani Masyarakat
(review kembali)
Oleh : Teguh Slamet Rahayu

Di layankan secara resmi pada Desember 2009 tepatnya  hari Sabtu tanggal 12, saat itu berbarengan dengan perayaan Ulang Tahun Kecamatan Bandungan. Pos Baca Yang diresmikan oleh Bapak Camat Bandungan ini menempati salah satu ruangan di dalam Kantor Kecamatan bandungan.
Selama tiga tahun, pasang surut Pos Baca Kantor Kecamatan Bandungan mewarnai perjalanannya. Pos Baca yang didirikan dengan tujuan  untuk mendekatkan bahan bacaan bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Bandungan ini terwujud atas berkat kerjasama Kantor Kecamatan daerah kabupaten Semarang dengan Kantor Kecamatan Bandungan.
Koleksi yang tersedia bervariasi dengan model setiap 3 bulan sekali diadakan rolling dengan pos baca yang lain (Pos Baca Medika di RSUD Ungaran dan Pos Baca Kantor Kec. Kaliwungu) sehingga pengunjung tetap setia dengan Pos Baca ini.
Sebagai bahan review, kami tampilkan data pengunjung selama 6 bulan di tahun 2011 dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni.         
Dari total pengunjung tersebut 75%-nya merupakan siswa sekolahah yang berada di sekitar Pos Baca Bandungan, sisanya masyarakat umum 10%, dan Karyawan 15 %. 
Pos Baca Kantor Kecamatan Bandungan buka dari Senin – Kamis dengan waktu pelayanan dari jam 08.00 – sampai dengan 14.00.
Sementara itu, melihat perkembangan pengunjung tersebut, koleksi-koleksi Pos Baca pun disesuailan dengan minat pengunjungnya. Buku koleksi pengetahuan dan cerita menjadi yang paling banyak disamping buku-buku keterampilan, buku agama dan lain sebagainya.
Dalam usaha menarik lebih banyak masyarakat untuk membacabuku, Kantor Perpustakaan Daerah juga sudah beberapa kali mengadakan kegiatan promosi Pos Baca Kantor Kecamatan Bandungan, seperti Kegiatan Story Telling dan Wisata Buku di Pos Baca Bandungan, Siaran Promosi Radio di Suara Serasi, Pembuatan Brosur Perpustakaan dll.
Salah satu penggemar loyal bacaan di Pos Baca Bandungan ini, sebut saja Everest(10th), siswa SDN Bandungan 01, Setiap Pos Baca belum dibuka, seringkali menunggu di depan pintu. “ Saya tiap hari pinjam minimal satu buku, kalau tidak membaca rasanya kurang, saya kalau mau tidur harus membaca buku dulu, saya sangat senang dengan cerita cerita orang sukses dijaman dulu, seperti penemu dan tokoh besar lain”.
Pergantian buku, atau yang kami namakan dengan sistem rolling buku untuk pos baca ini cukup mempengaruhi jumlah pembaca di pos baca Kantor Kecamatan Bandungan.
Selain membuka pos baca di Kantor Kecamatan Bandungan, Kantor Perpusda juga membuka Pos Baca 2 tempat lagi yang menjadi bagian sistem rolling ini yaitu, di RSUD Ungaran dan Kantor Kecamatan Kaliwungu.
Pos Baca sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan fasilitas membaca bagi masyarakat ini terus di layankan dengan harapan untuk turut serta membangun kemampuan literasi masyarakat. Tentunya juga membutuhkan dukungan dan perhatian dari semua pihak.
*/Karyawan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang Bagian Pelayanan mendapat tugas untuk melayani di Pos Baca Bandungan

1 komentar:

  1. Assalamualaikum kawan2
    Mau Numpang Promosi nih :-)

    Ayoo yg berminat untuk belajar Bahasa Inggris (TK-SMA ) private maupun kelompok bs hub 0857 2693 1371
    Trims

    Wassalam.

    BalasHapus