Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 26 Januari 2012

Pelatihan SLIMs

KOLOM KHUSUS :
PAGUYUBAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DESA
KABUPATEN SEMARANG

Pelatihan SLIMs


     Perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan cepat. Semua bidang tidak dapat menghindar dari fenomena ini. Tidak dapat dipungkiri orang mulai bergantung pada perangkat teknologi informasi dalam menjalankan aktivitasnya. Kondisi ini juga berlaku dalam dunia perpustakaan yang dituntut memanfaatkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanannya.
Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan adalah otomasi perpustakaan. Otomasi perpustakaan merupakan usaha pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka mendukung kegiatan administrasi serta layanan perpustakaan. otomasi memungkinkan pengelola perpustakaan mengelola perpustakaan secara mudah, cepat serta mampu memberikan layanan yagn semakin berkualitas. Sedangkan manfaat bagi pengguna adalah memungkinkan memperoleh layanan yang lebih cepat dan berkualitas.
Sayangnya tidak semua perpustakaan mampu melakukan otomasi perpustakaan. salah satu penyebabnya adalah harga perangkat lunak otomasi perpustakaan yang sulit dijangkau oleh perpustakaan di Tanah Air. Padahal untuk saat ini tersedia banyak perangkat untuk membangun otomasi perpustakaan. perangkat lunak ini dapat diperoleh secara gratis untuk membangun otomasi perpustakaan ternyata tidak kalah kualitasnya dengan perngkat lunak komersil.
Melihat kenyataan tersebut, Sabtu, 24 Desember 2011 di Ruang serbaguna Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa di Jl. Mgr. Sugiyo Pranoto 13 Ambarawa kegiatan Pelatihan SLIMS yang diikuti peserta sebanyak 20 orang dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa sampai dengan para pengelola perpustakaan
Untuk mengenalkan bagaimana memanfaatkan perangkat lunak gratis dan membangun otomasi perpustakaan, Paguyuban Pengelola Perpustakaan Desa Kabupaten Semarang (P3D) bekerjasama dengan Forum Komunikasi SLIMS Kabupaten Semarang menyelenggarakan Belajar Bersama SLIMS”, Jelas Sulaiman Jazuli ketua Panitia Kegiatan.
 Kegiatan pelatihan sehari yang dimulai jam 9 pagi ini, diajarkan materi antara lain; Konsep Automasi perpustakaan dengan SLIMS, Instalasi Slims, Pengenalan SLIMs dan Praktek Slims. Pengajar berasal dari Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang dan STAIN Salatiga.
Kegiatan Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi. Yang pertama, diampu oleh Bapak Bambang Murdianto, SS dari Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang. Sementara itu untuk sesi II, dengan materi Praktik Slims dibawakan oleh Bapak Itmammudin dari STAIN Salatiga.
 Bapak Itmammudin dari Stain Salatiga yang memandu acara mengungkapkan, apresiasi atas kegiatan ini, ”Sebisanya jangan berhenti sampai disini saja, tapi diteruskan dengan diadakan lagi belajar bersama seperti ini dengan materi yang lebih mendalam”.(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar