Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 26 Januari 2012

Workshop Pemasyarakatan Minat Baca dan Perpustakaan

Workshop Pemasyarakatan Minat Baca dan Perpustakaan

Paling Kanan: Kepala Kantor Perpusda Kab. Semarang, menerima Trophy Juara I


Senin 5 Desember 2011, Auditorium RRI Semarang hari ini tiba-tiba bersemangat, peserta workshop yang diadakan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah  seperti mendapat semangat baru. Ya…. Itu lah yang terjadi ketika Bung Andy F Noya menayangkan kisah-kisah inspiratifnya. Seperti kisah Eko dari Perpustakaan “Anak Bangsa” dari Malang yang mampu menjawab berbagai kegelisahan para pengelola perpustakaan terutama dalam masalah klasik “Dana”.  Andy F Noya yang kita kenal menjadi Host Kick Andy dan oleh Perpustakaan Nasional dipilih  sebagai Duta Baca 2011 ini tampaknya sangat pas, karena mampu memberikan motivasi tinggi bagi para pengelola perpustakaan. 
Selain Andy F Noya , hadir juga Wakil Gubernur Jateng, Ibu Rustriningsih yang mendukung acara ini dari awal hingga selesai acara. Tidak ingin kalah, dukungan Pemerintah Provinsi bagi perpustakaan juga segera di usahakan. Seperti janji beliau, “Bahwa secepatnya Badan Arpus berkoordinasi dengan Bapak Gubernur untuk membuat Surat Edaran Tentang dukungan Anggaran bagi Perpustakaan, nanti saya juga akan mengusulkan”, tambah Ibu Rustriningsih. “Karena memang selama ini yang dipikirkan hanya pembangunan fisik saja, sedang pembangunan SDM sering terlupakan,”tambah Ibu Rustriningsih.
Hadir Juga Bapak Bambang Supriyono dari Perpusnas yang mempresentasikan makalah berjudul “Membangun Masyarakat Cinta Perpustakaan dan Mengembangkan Minat Baca”, tidak mau kalah. Bapak Bambang juga mengungkapkan bahwa PP tentang perpustakaan sebagai back up UU No 43 Tahun 2007 sedang digodok Pemerintah diharapkan segera ditetapkan. Sementara itu seperti yang sudah dituturkan Bapak Bambang bahwa nantinya akan ada tunjangan profesi bagi pustakawan.
Dua Pembicara yang lain adalah Ibu Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan, Ibu Sri Kusumastuti dengan presentasi berjudul “Kebijakan Pengembangan Perpustakaan di Jawa Tengah”, dan Bapak Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Bapak Susanto dengan makalah berjudul “Implementasi Pemberdayaan Perpustakaan di Masyarakat”. Kabupaten Wonosobo juga menampilkan Perpustakaan Desa yang menjadi Juara I Tk. Nasional pada Tahun 2011 untuk membagikan pengalaman dan usaha inovatif dalam pengelolaan perpustakaan desa.
Acara yang dimoderatori oleh Bapak Teguh Yuwono dari Undip Semarang  ini diikuti perwakilan dari Perpustakaan Umum Kab/Kota Se-Jateng, Perpusdes Sejateng dan TP PKK Se Jateng (satu Kab 3 orang perwakilan) dan dari unsur pendidikan dengan total peserta berjumlah ±500an.
Sebelum acara dimulai, dibuka dengan penyerahan trophy kejuaraan Perpustakaan Umum antar Kab/Kota yang secara langsung diserahkan oleh Ibu Wakil Gubernur, Ibu Rustriningsih.  Sebagai Juara I Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang, Kemudian Juara II, Badan Diklat, Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap, sementara Juara III diperoleh oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Pekalongan. Untuk Juara Harapan I,2 dan tiga berturut turut dari Kab. Banjarnegara, Kota Magelang dan Kabupaten Sukoharjo.(BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar