Slogan kami

Redaksi Buletin Pustaka mengucapkan Selamat Hari Soempah Pemoeda, 28 Oktober 2013

Kamis, 26 Januari 2012

Pembelajaran Luar Sekolah SD IT AR ROHMAH AMBARAWA di Unit Pelayanan Perpustakaan Ambarawa


Pembelajaran Luar Sekolah SD IT AR ROHMAH AMBARAWA
di Unit Pelayanan Perpustakaan  Ambarawa


Hari Kamis 10 November, 50 orang siswa kelas 1-4 didampingi Bapak dan Ibu guru menjadikan perpustakaan hidup. Bagaimana tidak, berbagai aktifitas di laksanakan di ruang perpustakaan. Mulai dari mendaftar anggota, nonton film, baca buku bersama, beribadah bahkan sampai acara makan siang pun di perpustakaan.
Bapak Kepala sekolah, Bapak Widi yang ikut mendampingi mengungkapkan bahwa, “Kegiatan Pembelajaran Luar sekolah ke Perpustakaan ini memang kami agendakan rutin perbulan sekali, dengan tujuan mengenalkan dan melekatkan ingatan dengan perpustakaan pada anak-anak.
Masih oleh bapak Widi, “Tema yang kami usung  adalah KECAPAI (Kunjungan Edukasi Cinta Pustaka dan Ilmu). Harapannya agar dapat menumbuhkan minat anak untuk senantiasa butuh dan menghargai buku serta lebih giat dalam menuntut ilmu sebagai bekal mereka kelak di kemudian hari menjadi generasi pewaris negeri.”
Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di perpustakaan, yaitu untuk kelas 1 matematika; menghitung rak buku, kursi meja, terus menulis 5 judul buku cerita pada buku cerita yang berpentuk persegi panjang dan persegi / buku pendek. Kemudian Bahasa Indonesianya kelas 1; mendengarkan cerita guru dan menjawab pertanyaan, menulis buku cerita dan dibaca di depan guru, menulis salah satu judul buku cerita yang disukai lalu membacanya. Sementara untuk kelas II, Bahasa Indonesia; Ambil buku cerita yang paling disukai kemudian menulis judulnya, penulisnya, jumlah halaman, tokoh cerita, watak tokoh, dan ringkasan cerita. Untuk pelajaran Matematikan, "Mengukur lebar dan panjang buku sebanyak 5 buah, menulis 5 benda berat dan ringan yang ada di perpustakaan, menentukan tebal tipis sebuah buku berdasarkan jumlah halamannya.
Beda lagi dengan kelas Kelas III, Bahasa Indonesia; Menulis judul buku , menyebutkan tokoh-tokoh cerita, kemudian menceritakan kembali secara singkat isi dongeng, menceriterakan pengalaman berkunjung ke perpustakaan. Sedangkan pelajaran matematika, Menghitung langit-langit, kemudian disuruh mencari luas ruangan, mencari buku tentang matematika, membandingkan jumlah pengunjung antara pelajar, dan pegawai yang berkunjung di perpustakaan. Untuk kelas 4 : mencari kata sulit dalam bidang kesenian, lalu menjawab dengan bantuan kamus yang ada di ruang referensi, mendeskripsikan letak perpustakaan (untuk bahasa indonesia). Untuk pelajaran tematik matematika : Mencari 5 buku berbentuk persegi panjang, dan bentuk persegi kemudian menghitung keliling dan luasnya.
Sementara itu, Asih Winarto, Pustakawan yang ditugaskan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang untuk mengelola Unit Pelayanan Perpustakaan Umum Ambarawa mengungkapkan apresiasi positif, ”SD IT AR Rohmah ini, barangkali menjadi sekolah yang pertama memanfaatkan perpustakaan umum Ambarawa menjadi tempat pembelajaran luar sekolah seharian penuh”. (BM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar